Harrier akan menjadi saingan langsung untuk Jeep Compass.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pabrikan mobil India, Tata Motor, akan meluncurkan model Harrier yang ditunggu pada 23 Januari 2019, menurut Times of India, Senin (24/12) waktu setempat.

Harrier akan menjadi saingan langsung untuk Jeep Compass. Varian yang lebih rendah akan bersaing dengan mobil, seperti Hyundai Creta dan Mahindra XUV500. Harrier diperkirakan dibanderol dengan kisaran Rs 15 lakh hingga Rs 21 lakh (Rp. 311 juta-Rp. 436 juta).

Konsep H5X berbasis Sport Utility Vehicle (SUV) dibangun di atas platform D8 Jaguar Land Rover, yang mendukung SUV seperti Land Rover Discovery Sport dan Range Rover Evoque. Mobil itu akan ditenagai oleh mesin diesel 2.0 liter turbocharged baru yang dipasangkan dengan transmisi manual enam kecepatan, menghasilkan tenaga 140 PS (Pferdestarke) dan torsi puncak 350Nm.

Tata Harrier juga menghadirkan beberapa fitur mode mengemudi (Eco, City, dan Sport) bersama tiga mode Terrain Respond dari Electronic Stability Program (ESP) – Normal, Wet dan Rough. Di bagian depan, mobil ini dilengkapi dengan lampu LED siang hari terintegrasi dan di bawahnya terdapat lampu proyektor intensitas tinggi (HID), serta lampu kabut dengan fungsi menikung.

Tata Harrier memiliki panjang 4.598 mm, lebar 1.894 mm (tanpa cermin), dan tinggi 1.706 mm. Bagian belakang mobil ini memiliki kluster lampu ekor LED yang cocok dengan desain SUV.

Untuk interior, Harrier menggunakan warna dual-tone hitam dan coklat premium. Mobil ini juga dilengkapi layar sentuh TFT 8,8 inci pada konsol tengah yang dilengkapi dengan suite infotainment ConnectNext Tata dan sistem audio sembilan speaker dari JBL, mendukung penggunaan Android Auto dan Apple CarPlay. Tata Harrier akan diluncurkan dalam desain lima kursi, tetapi diharapkan akan diikuti oleh versi tujuh kursi.