Jakarta –

Motor Yamaha M1 bermasalah pada dua balapan pembuka MotoGP di MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia. Akhir pekan ini, MotoGP akan digelar di sirkuit Brno di Republik Ceko. Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, yakin motor Yamaha miliknya tidak akan lagi mengalami masalah seperti di dua balapan pertama.

Tiga balapan berikutnya akan menggunakan sirkuit yang membutuhkan tenaga motor maksimal yaitu sirkuit Brno dan sirkuit Red Bull Ring di Austria. Rossi mengaku merasa lebih tenang karena situasi di sirkuit Brno dan Red Bull Ring berbeda dengan sirkuit Jerez yang lebih panas.

"Yamaha sedang bekerja sangat keras untuk memahami dan memperbaiki masalah, sekarang kami harus berharap semuanya akan baik-baik saja," ujar Rossi kepada Crash.

"Saya rasa kalau di sirkuit cepat seperti di sini (Brno) atau di Austria itu masalah besar untuk mesinnya, tapi mungkin lebih karena suhu di Jerez, kondisinya ekstrim."

“Saya pikir di sini dan di Austria lebih dingin, jadi akan lebih mudah bagi kami, dan juga untuk motornya,” lanjutnya.

Begitu juga Vinales. Dia mengesampingkan masalah krisis mesin sepeda motor Yamaha.

“Saya tidak khawatir karena kami memiliki banyak poin kuat pada motor yang perlu kami perbaiki. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam tim yang merupakan kabar baik, jadi kami bisa berkonsentrasi dan tetap termotivasi ," dia berkata.

Sebelumnya diberitakan bahwa karena masalah mesin, para pebalap Yamaha hampir membuka semua segel mesin MotoGP yang dialokasikan. Fabio Quartararo, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli membuka segel mesin keempat dari lima mesin yang dialokasikan. Bahkan Maverick Vinales sudah membuka segel mesin kelima, yang artinya dia sudah menggunakan seluruh jatah mesin untuk MotoGP 2020 yang menjalankan 14 seri.

===

Saksikan live stream MotoGP Republik Ceko di detikOto, Minggu (9/8) malam pukul 19.00 WIB. Siaran langsung MotoGP juga bisa disaksikan di Trans7 dalam waktu bersamaan.

Tonton video "Sukacita Valentino Rossi di podium MotoGP lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lua)