Milan – Pada pameran mobil beroda dua, EICMA 2018, yang diadakan di Milan, Italia, Yamaha meluncurkan sepeda motor petualangan terbaru, Tenere 700. Penakluk sepeda motor besar (moge) dari segala medan jauh lebih mudah diakses.

Yamaha Tenere 700 didukung oleh silinder garis CP2 689 cc, mirip dengan MT-07. Mesin dibungkus dalam sasis yang benar-benar baru. Mesin mengirimkan tenaga ke roda belakang berukuran 18 inci. Motor ini memiliki roda depan 21 inci.

Yamaha mengklaim motor ini cocok digunakan di dua alam (aspal atau offroad). Tangki bahan bakar 16 liter membuat motor dapat melakukan perjalanan lebih dari 346 km.

Motor ini dilengkapi dengan cradle ganda tubular baja chassis baru. Chassis itu dirancang hanya untuk Tenere. Yamaha menyebut sasis menawarkan fleksibilitas yang cukup untuk jalan mulus, dan cocok untuk jalur kasar.

Wajah baru yang mencolok didominasi oleh lampu depan LED. Ada juga kaca depan yang tinggi.

Di belakang kaca depan, ada layar LCD di dashboard yang menampilkan informasi dalam bentuk kecepatan, rpm, sisa bahan bakar dan jangkauannya, perjalanan dan banyak lagi. Ada juga pemegang GPS di atasnya.

The 700 Tenere Yamaha didukung oleh garpu depan terbalik 43 mm dengan perjalanan 210 mm, dan suspensi monoshock belakang-jenis penyesuaian prapemuatan dengan perjalanan 200 mm. Daya pengereman didukung oleh rem Brembo yang menggigit cakram 282 mm di depan dan 245 mm di belakang. Untuk keamanan, sistem ABS telah diterapkan yang dapat dinonaktifkan untuk offroad.

The 700 Tenere Yamaha akan dijual mulai pada paruh kedua tahun 2019. Sayangnya, motor ini belum secara resmi diberi label. (rgr / ddn)