Jakarta –

Yamaha melakukan kampanye penarikan kembali 78.230 sepeda motor yang terjual di Jepang. Penarikan kembali Yamaha dilakukan sehubungan dengan cacat pada komponen reflektor belakang. Lalu bagaimana dengan motor Yamaha yang dijual di Indonesia? Apakah Anda mengalami masalah serupa?

Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro menjelaskan, Yamaha Indonesia tidak akan melakukan penarikan kembali terkait penggantian reflektor belakang. YIMM tidak recall karena ada perbedaan standar regulasi keselamatan di Jepang dan Indonesia.

Soal unit (motor Yamaha) di Indonesia, kami tidak melakukan kegiatan recall, karena sudah sesuai regulasi yang ada, ”kata Anton melalui pesan singkat kepada detikOto, Rabu (16/9/2020).

Anton juga membenarkan bahwa unit motor Yamaha yang terkena reflektor recall di Jepang merupakan produk global buatan Indonesia. Dan suku cadang akan diganti sesuai peraturan di negeri matahari terbit.

“Unit (yang terkena recall reflector) adalah model global buatan Indonesia. Dan sesuai regulasi di negara tersebut, suku cadang reflektornya akan kami ganti,” lanjut Anton.

Sebelumnya diberitakan, Yamaha Motor Co, Ltd melakukan recall terhadap puluhan ribu sepeda motor yang sudah dipasarkan di Jepang. Recall dilakukan terkait komponen reflektor belakang yang disebut-sebut tidak memenuhi standar keselamatan.

Seperti dikutip dari Response, pada 15 September, Yamaha Motor melaporkan program penarikan dan perbaikan gratisnya kepada Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang.

Dalam laporannya, Yamaha menyebutkan bahwa bagian reflektor belakang pada beberapa model, seperti YZF-R25, tidak memenuhi standar keselamatan. Selain R25, ada beberapa model lagi yang telah memasuki kampanye ini seperti Nmax 125, Nmax 150, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250, MT-25A, dan MT320.

Program recall reflektor belakang ini melibatkan sekitar 78.230 unit motor yang diproduksi mulai 6 Oktober 2014 hingga 1 April 2019.

Dia menjelaskan bahwa reflektor belakang model yang terkena penarikan memiliki permukaan yang tidak rata karena pencetakan yang tidak tepat selama proses pembuatan. Efeknya adalah pantulan cahaya bisa tersebar dan tidak fokus. Tidak sesuai dengan standar keselamatan (standar untuk reflektor belakang) di Jepang.

Untuk mengatasi hal tersebut, Yamaha akan mengganti semua reflektor belakang yang cacat dengan reflektor baru sesuai standar keselamatan. Penggantian suku cadang dilakukan secara gratis.

Tonton video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)