Jakarta –

Valentino Rossi gagal tampil maksimal saat MotoGP 2020 digelar di dekat kampung halamannya. Saat MotoGP Emilia Romagna yang juga digelar di sirkuit Misano, Italia, Rossi harus menyelesaikan balapan sebelum finis.

Rossi mengalami kecelakaan sisi rendah. Padahal, balapan baru berjalan dua lap.

Ternyata, penyebab kecelakaan Rossi itu sepele. Karena tidak sengaja menekan tuas rem, Rossi terpeleset keluar lintasan.

“Kami tiba di grup pada tikungan empat dan saya pasti telah melakukan sesuatu yang salah. Saya tidak sengaja menekan tuas rem. Terkadang hal itu terjadi. Sepertinya terakhir kali yang terjadi pada saya adalah (sesi) pemanasan beberapa tahun lalu. , Kata Rossi seperti dikutip GP One.

Menurutnya, tanpa sengaja menekan tuas rem depan membuat ban depan terkunci. Hal tersebut membuat Rossi kehilangan cengkeraman pada ban depan dan terjatuh.

Usai kecelakaan itu, Rossi mencoba kembali membalap. Ujung-ujungnya, pembalap berusia 41 tahun itu kembali masuk pit sebelum finis.

“Saya ingin melanjutkan (balapan) karena kami sadar akan perubahan yang terjadi pada motor dan saya ingin tahu kecepatannya. Saya sadar ban belakang saya tidak cengkeram, saya juga tidak cepat. Sulit menemukan konsentrasi dan motivasi setelah kecelakaan itu, ”kata Rossi.

Rossi kini berada di posisi sembilan klasemen MotoGP 2020. Jaraknya dari Andrea Dovizioso di puncak klasemen tidak terlalu jauh, hanya 26 poin.

“Hari ini saya kehilangan poin, tapi itu tidak mengubah banyak hal. Kami semua (pebalap) masih dekat di klasemen. Apa pun masih bisa terjadi, tapi saya harus lebih baik. Hari ini saya kehilangan grip saat balapan , tapi tetap saya. tidak akan kompetitif, tidak cukup kuat untuk bertarung di kompetisi kejuaraan. "

“Bahkan saya tidak tahu potensi apa yang saya miliki (di balapan ini) karena saya hanya bisa melakukan satu setengah lap, minggu lalu saya lebih kompetitif. Kami melakukan beberapa perubahan pada motor untuk meningkatkan akselerasi. Hingga kemarin semuanya berjalan dengan baik, tapi hari ini saya. bahkan lebih menderita, "Rossi mengaku.

Tonton Video "Rossi Seventh in MotoGP Qualification Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)