Karawang – lembaga pemeringkat ASEAN Safety NCAP (New Car Assessment Program) telah melakukan uji tabrakan terhadap 44 model kendaraan di Indonesia.

"Ada yang mendapat peringkat bintang 0, ada juga yang mendapat penilaian bagus hingga 5 bintang," kata Pejabat Komunikasi ASEAN NCAP Salina Mustaffa di Batiqa Hotel, Karawang, Jawa Barat, Selasa (11/13/2018) .

Mobil yang mendapat peringkat bintang 0 untuk uji tabrakan sejauh ini adalah Renault Kwid dan Suzuki Carry hatchback. Untuk bintang 5 yang merupakan titik tertinggi ada Toyota Sienta, Honda City, Toyota Innova dan model lainnya.

Tapi bagaimana dengan hasil uji coba model MPV yang merupakan mobil paling populer di Indonesia? Selanjutnya detiko untuk merangkum hasilnya.

1. Mitsubishi Xpander

Foto uji kecelakaan Foto Xpander: ASEAN NCAP

Hit Xpander adalah varian standar MT GLS yang diproduksi di Indonesia untuk pasar Indonesia, Thailand dan Filipina, dan Vietnam. Mobil ini memiliki 2 airbag dan fitur keamanan seperti Kontrol Stabilitas Elektronik.

Dalam uji tabrakan dari depan, mobil dapat melindungi kepala dan kaki pengemudi dan penumpang dengan sempurna.

Untuk perlindungan dewasa, mobil diberi 5 poin bintang, tetapi untuk perlindungan anak kecil, ratingnya hanya 4 bintang. Dengan skor keseluruhan 71,66, Xpander harus mendapatkan peringkat bintang 4.

[Gambas:Youtube]

2. Toyota SientaCrash test Sienta Foto: ASEAN NCAP

Toyota Sienta mendapat peringkat bintang 5 untuk perlindungan dewasa dan 4 bintang untuk perlindungan anak kecil.

Namun untuk varian yang tidak memiliki fitur kontrol stabilitas elektronik, Sienta hanya mendapat peringkat bintang 4.

[Gambas:Youtube]

3. Toyota Innova

MPV bangga lain dari Toyota, Innova, juga mendapat hasil yang cukup bagus, 5 bintang untuk perlindungan dewasa. Sementara perlindungan untuk anak-anak kecil mendapat peringkat bintang 4.

Crash Test Innova Foto: ASEAN NCAP

[Gambas:Youtube]

4. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Satu juta mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mendapatkan peringkat bintang 4 untuk perlindungan dewasa. Sedangkan untuk perlindungan anak kecil, mobil hanya mendapat peringkat 2 bintang Mobil yang diuji tidak memiliki kontrol stabilitas elektronik.

Crash Test Avanza Photo: ASEAN NCAP

[Gambas:Youtube]

5. Toyota Calya

Sedikit kejutan dari adik Avanza, Calya. Mobil mendapat peringkat bintang 4 untuk perlindungan dewasa. Dan perlindungan anak-anaknya lebih baik daripada Avanza, yaitu 4 bintang.

Foto Calya: ASEAN NCAP

Mobil yang diuji adalah varian 1,2 G manual pada tahun 2016.

[Gambas:Youtube]

6. Nissan Grand Livina
Nissan Grand Livina mendapat rating yang sama dengan Calya, yang merupakan 4 bintang untuk perlindungan dewasa. Dan perlindungan anak kecilnya adalah sama, yaitu 4 bintang. Foto: ASEAN NCAP

[Gambas:Youtube]

7. Suzuki Ertiga

Sama seperti Calya dan Grand Livina, Ertiga lama mendapat rating yang sama dari 4 bintang untuk perlindungan dewasa. Dan perlindungan anak kecilnya adalah sama, yaitu 4 bintang.

Ertiga Crash Test Foto: ASEAN NCAP

[Gambas:Youtube]

8. Daihatsu Sigra

Untuk Biaya Rendah dan Mobil Ramah Lingkungan, Daihatsu Sigra mendapatkan rating yang sangat buruk dari 1 bintang. Hanya untuk perlindungan anak kecil yang mendapat peringkat 2 bintang.

Dari hasil pengukuran dummy yang digunakan dalam uji tabrak, kepala pengemudi tidak mendapat perlindungan yang cukup.

Crash Sigra Test Photo: ASEAN NCAP

[Gambas:Youtube]

(ddn / rgr)