Tesla Model Y yang murah akan mulai dipasarkan dalam beberapa bulan ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA – Tesla memiliki misi untuk menjadikan mobil listrik menjadi standar untuk transportasi masa depan. Pabrikan Amerika ini juga terus menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dilansir dari Car Advice, Jumat (17/7), saat ini ada banyak konsumen yang membutuhkan kendaraan listrik (EV) dengan daya jelajah yang mumpuni tetapi dengan harga yang terjangkau. Karena itu, Tesla juga menghadirkan Model Y Long Range (LR) dengan harga lebih murah.

CEO Tesla, Elon Musk mengatakan, untuk menyadari hal ini, Tesla juga memberikan diskon untuk penggerak roda all Model Y. "Selain itu, kami juga akan menghadirkan Model Y dengan motor listrik," kata Elon Musk.

Artinya, dengan Model Y satu motor listrik yang memiliki penggerak roda depan, konsumen juga akan mendapatkan pilihan mobil listrik LR dengan harga yang lebih terjangkau. Rencananya, Model Y dengan harga murah akan mulai dipasarkan dalam beberapa bulan mendatang.

Menurut dia, harga Model Y dua motor listrik akan dipotong sekitar 3 ribu dolar AS. Artinya, produk itu akan dipasarkan dengan harga sekitar 51 ribu dolar AS. Namun, dia belum mengkonfirmasi berapa harga untuk Model Y dengan motor listrik tunggal.

Selain harga, Tesla juga berencana untuk menghadirkan Model Y Tesla tujuh kursi. Dengan begitu, produk ini juga mampu memberikan akomodasi penumpang lebih banyak karena Tesla Model Y yang dipasarkan saat ini adalah mobil dalam format lima kursi.

Dia menekankan, versi tujuh kursi akan mulai dijual pada kuartal keempat tahun ini. Artinya, kehadiran tujuh tempat duduk ini akan melengkapi konfigurasi yang ditawarkan oleh Tesla Model S. Karena, Model S juga dilengkapi dengan bangku baris ketiga tetapi tepat untuk mengakomodasi anak-anak.

Tesla juga menekankan bahwa Model Y tidak akan datang dengan format bangku 5 + 2 tetapi tujuh kursi murni. Dengan demikian, baris ketiga juga cukup untuk menampung orang dewasa.

Semua terobosan Tesla juga membuat kenaikan harga saham Tesla signifikan. Awal pekan ini, saham Tesla naik 14 persen. Artinya, sepanjang tahun ini, Tesla telah meningkatkan nilai sahamnya sebesar 300 persen.

Eric Iskandarsjah Z