Tak hanya di AS, Tesla juga akan memangkas harga kendaraannya di China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tesla Inc menyatakan akan memangkas harga sedan Model S "Long Range" mereka sebesar empat persen di Amerika Serikat (AS). Pengumuman itu datang beberapa hari setelah mereka melaporkan rekor pengiriman kuartalan mereka.

Tesla memotong harga Long Range Model S menjadi $ 71.990 dari $ 74.990. Selain di Amerika, awal bulan ini Tesla telah memangkas harga awal sedan Model 3 buatan China sekitar 8 persen, menjadi 249.900 yuan, dilansir Reuters.

Pabrikan mobil listrik AS sebelumnya telah memangkas harga berbagai model kendaraan di jajarannya. Pada saat yang sama, pembuat mobil konvensional juga bermain di kendaraan listrik.

Tesla mengatakan telah mengirimkan sekitar 139.300 kendaraan pada kuartal ketiga, rekor sepanjang masa. Namun, saham jatuh karena beberapa analis meragukan apakah Tesla dapat mencapai target akhir tahun yang ambisius.

Pekan lalu, Chief Executive Officer perusahaan, Elon Musk, memberi tahu karyawannya bahwa Tesla memiliki kesempatan untuk memproduksi setengah juta mobil tahun ini. Ini dia umumkan dalam email internal yang dilihat oleh Reuters.

Tesla mengatakan pada Januari 2020 pengiriman kendaraan harus melebihi 500.000 unit dan perkiraan itu tetap tidak berubah meskipun ada pandemi COVID-19. Dengan target ini, setidaknya Tesla harus meningkatkan pengiriman hingga hampir 182.000 pada kuartal keempat untuk mencapai target tersebut.

sumber: Reuters / Antara