Kamera digunakan untuk menentukan gerakan mata dan kepala pengemudi.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA – Pada sejumlah produk Tesla, terdapat kamera di kabin yang menghadap ke pengemudi. Selama beberapa tahun, kamera yang dibenamkan diklaim tidak berfungsi.

Dilansir dari Car Advice, Selasa (6/10), Tesla juga telah melakukan update firmware dan memungkinkan pengendara untuk mengaktifkan kamera tersebut. Pembaruan firmware yang dilakukan pada Juni lalu juga membuat Peratas penasaran dengan apa yang terekam dengan fitur bernama analisis kamera kabin.

Sebuah akun twitter bernama @greentheonly juga mengungkap hasil pendalaman teknologi yang dinilai berperan dalam pengembangan kendaraan yang lebih aman. Dari hasil pencarian, kamera digunakan Tesla untuk mengetahui pergerakan mata dan kepala pengemudi.

Dalam update firmware, Tesla juga mengatakan jika analitik kamera kabin diaktifkan, kamera otomatis akan merekam perilaku pengemudi sebelum terjadi kecelakaan. Data tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai data untuk melakukan pengembangan kendaraan.

Akun Twitter tersebut juga mengungkapkan bahwa analisis kamera kabin akan mengeksplorasi bagaimana perilaku pengemudi sebelum terjadi kecelakaan. Dengan data tersebut, Tesla akan mengetahui secara pasti apakah sebelum terjadi kecelakaan, mata pengemudi terpejam atau menunduk, ke atas, ke kanan atau ke kiri.

Selain itu, fitur ini juga digunakan untuk mengetahui apakah pengemudi menggunakan ponsel saat terjadi kecelakaan atau tidak. Dengan adanya fitur ini, Tesla diharapkan dapat mengetahui gangguan apa saja yang dapat menyebabkan pengemudi tidak fokus pada kondisi lalu lintas.

Demi melindungi privasi pengemudi, setiap data yang dikumpulkan tidak terkait dengan identitas kendaraan sehingga pengemudi tidak merasa sedang diintai. Hal ini juga perlu ditekankan mengingat privasi pengemudi sempat menjadi kontroversi.

Di satu sisi, fitur ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai data dalam melakukan klaim asuransi. Selain itu, analisis kamera kabin ini diharapkan juga menjadi fitur yang mengingatkan pengemudi untuk tetap fokus saat menggunakan fitur autopilot.