Audi RS 5 sport coupe adalah puncak dari berbagai model A5 dari pembuat mobil Jerman. A5 standar telah sukses besar sejak pertama kali diperkenalkan tahun lalu karena bentuknya yang ramping dan seksi yang menggabungkan gaya tubuh montok dengan desain modern dengan pencahayaan LED di seluruh. Karena keberhasilan mobil, Audi telah meluncurkan sejumlah varian kinerja termasuk S5 dan kemudian RS 5, yang terakhir menjadi yang paling kuat dan berorientasi kinerja dari seluruh lineup. Setelah generasi kedua dari lineup model A5 diresmikan, spesialis penyetelan mobil Jerman di ABT Sportsline menciptakan program mobil balap baru yang menjadikan mobil sport sebagai superstar track-day. Model RS5-R baru dari ABT Sportsline mencakup kerja serat karbon aerodinamis khusus, roda ringan yang ditempa, modifikasi mesin, dan tata interior yang berorientasi pada perlombaan.

Mesin V-8 FSI 4.2 liter yang menggerakkan pabrik Audi RS 5 adalah aspek pertama yang ditangani oleh insinyur ABT Sportsline di RS5-R. Mesin diberi beberapa tweak kecil yang membantu mendorong stok stok 420 tenaga kuda lebih tinggi. Insinyur memasang ABT Power tune baru bersama dengan sistem knalpot stainless steel khusus yang keluar di setiap sisi mobil sebelum roda belakang yang ditempa bukan pemasangan bumper tradisional. Hasilnya adalah 470 tenaga kuda yang sehat untuk membantu mengurangi waktu akselerasi 0-100 km / jam turun menjadi 4,3 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 303 km / jam.

Dengan output yang lebih tinggi di bawah tenda, ABT Sportsline melanjutkan untuk mengembangkan body kit serat karbon ringan yang dioptimalkan aerodinamis yang akan membantu membuat RS5-R lebih tersusun pada trek balap. Kit baru ini mencakup bumper depan baru dengan flik samping dan splitter untuk menghasilkan downforce, dan kap ventilasi baru untuk mendinginkan mesin. Rok samping dan panel pintu yang baru membantu menenangkan aliran udara di setiap sisi antara roda yang ditempa dan mengurangi berat di atas komponen-komponen stok. Spoiler belakang sayap besar dan adduser bumper diffuser membantu meningkatkan downforce secara dramatis di bagian belakang untuk penanganan, pengereman, dan stabilitas yang lebih baik pada kecepatan tinggi.

ABT Sportsline kemudian memperbarui sasis dengan opsi suspensi dan pelek baru. Suspensi pabrik ditingkatkan dengan pengaturan coilover baru yang dapat disesuaikan khusus untuk trek tertentu. Pengaturan pelek dan ban pabrik diganti dengan roda aluminium ringan baru yang ditempa dalam fitting 9.5 x 19 di bagian depan dan belakang dengan ban Michelin Pilot Sport berperforma tinggi untuk pegangan tambahan.

Di dalam, ABT Sportsline memasang berbagai modifikasi keselamatan dan balapan. Kursi depan diganti dengan kursi bucket baru untuk memperkuat sisi yang lebih baik dan dilengkapi dengan memanfaatkan perlombaan empat poin untuk keselamatan. Alat pemadam kebakaran dan kandang guling terintegrasi membantu melindungi pengemudi dan penumpang jika terjadi tabrakan.