Jakarta – Maskapai Garuda Indonesia baru-baru ini membeli ratusan unit Mitsubishi Xpander untuk kendaraan operasional awak kabin. Tapi, bukan hanya Xpander, ternyata Avanza masih disewa oleh Garuda Indonesia.

Namun, menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi, Garuda tidak membeli Avanza langsung ke Toyota tetapi ada pihak ketiga yang menyewakan Avanza ke Garuda Indonesia.

"Garuda adalah mobil kru, sebenarnya sebelum Xpander masuk, itu bukan Toyota, itu merek lain (Honda Mobilio). Jadi saya melihat mereka berdua. Anak perusahaan Garuda membeli langsung, ada juga yang menyewa. Banyak yang menyewa memilih Avanza. Tapi yang terjadi pada anak perusahaan (Garuda) yang membeli ini kebetulan bukan Toyota (Mitsubishi Xpander), "kata Anton di sela-sela test drive wartawan New Avanza dan New Veloz.

Anton mengatakan, masih ada perusahaan rental yang menyewakan Avanza ke Garuda Indonesia. Tetapi mereka yang langsung dari Garuda Indonesia belum membeli Avanza secara langsung.

"Kami juga menyediakan sewa untuk Garuda," tambah Hartono Dinata, Direktur Pemasaran Nasmoco, dealer utama Toyota di Jawa Tengah.

Anton sendiri tidak memiliki data pasti tentang berapa banyak Avanza disewa untuk mobil operasional Garuda Indonesia. "Tapi ada banyak dari mereka, di seluruh Indonesia, di Semarang ada, di Medan mungkin ada banyak. Tapi jujur ​​ketika berbicara tentang perusahaan rental, Avanza masih menjadi pemimpin pasar," kata Anton. (rgr / lth)