Jakarta – Siapa yang tidak setuju dengan mobil adalah salah satu mode yang dibutuhkan saat ini. Mengingat transportasi massal yang tidak memadai, seperti harus berdesakan. Sehingga mobil sering dipilih untuk memanjakan diri meski kemacetan akan menghantui selama perjalanan.

Nah untuk itu detikOto coba mengingatkan Otolovers, untuk melakukan berbagai pemeriksaan sebelum melakukan aktivitas menggunakan mobil. Agar peristiwa buruk seperti yang dialami Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, bahwa mobilnya mogok saat pengisian bahan bakar minyak tidak terjadi lagi.

Langkah memeriksa kendaraan sangat dibutuhkan, bahkan jika hanya mengemudi di kota. Pertama dan yang tidak kalah penting adalah persiapan sebelum keberangkatan. Otolovers disarankan untuk memeriksa kondisi ban. Periksa kondisi tekanan ban termasuk ban cadangan. Ban kurang berpotensi tekanan angin berbahaya. Bahkan dapat menyebabkan masalah ban meledak di tengah jalan.

Kedua, periksa indikator peringatan. Pastikan tidak ada indikator peringatan dan pengingat untuk mengganti komponen kendaraan yang menyala di panel speedometer. Jika ada indikator peringatan yang menyala, Anda harus segera membawanya ke bengkel.

Beberapa komponen penting juga harus diperiksa secara teratur. Jangan lupa untuk melakukan layanan rutin untuk kendaraan Anda.

Ketiga, periksa kondisi baterai. Baterai yang lemah dapat menyebabkan kerusakan. Masalah besar jika baterai mati di jalan di mana tidak ada bengkel di sekitarnya.

Keempat, periksa kondisi rem. Pastikan kanvas rem masih tebal dan cocok untuk digunakan. Karena rem adalah komponen yang sangat vital. Jangan biarkan rem terjadi yang berakibat kecelakaan fatal.

Kelima, komponen penting lainnya adalah penghapus. Wiper kaca depan yang usang dapat menyebabkan visibilitas yang buruk, terutama saat hujan. Kami menyarankan Anda mengganti penghapus baru jika kondisinya tidak layak. Pastikan juga fungsi lampu depan normal untuk visibilitas yang baik di malam hari.

Keenam, ganti oli dan filter sesuai dengan interval waktu yang direkomendasikan pabrik. Ini penting untuk meminimalkan keausan mesin. Periksa manual pemilik untuk mencari tahu kapan oli dan filter harus diganti.

Periksa sisa cairan di dalam mobil. Ada banyak cairan di dalam mobil, ada pendingin atau air dari radiator, oli, oli power steering, cairan rem, dan air penghapus. Tingkat cairan yang tidak sesuai dapat berdampak negatif pada kinerja, daya tahan, dan keselamatan kendaraan. (lth / rgr)