Jakarta – Selain harus rajin mencuci sepeda motor untuk mencegah korosi, di musim hujan seperti sekarang pengendara sepeda motor juga harus lebih memperhatikan kondisi helm yang digunakan. Karena dalam cuaca lembab, cuaca bagian dalam atau bagian dalam helm rentan terhadap bau yang tidak sedap dan mudah timbul jamur.
Dijelaskan Direktur Eksekutif Helm RSV Richard Ryan, ketika musim hujan tiba, helm harus selalu kering segera setelah digunakan. "Selalu tutup pelindung. Jadi ada sirkulasi udara, dan tidak ada bau keringat. Jangan lupa cangkang dan pelindung segera kering menggunakan kain microfiber," kata Richard kepada detikOto, Rabu (13/2/2019).

Setelah bagian luar helm dikeringkan dan dibersihkan, keringkan bagian dalamnya.

"Lepaskan bantalan dari helm dan biarkan angin mengering," Richard melanjutkan.

Richard merekomendasikan untuk tidak segera mengeringkan bantalan helm dengan pengering atau mengeringkan bantalan langsung di bawah sinar matahari.

"Karena berpotensi merusak kepadatan bus. Nanti busa menjadi keras," jelas Richard.

Jadi di musim hujan seperti sekarang, haruskah pengendara membawa helm cadangan?

"Itu tidak perlu menjadi saran saya. Saya pikir itu terlalu rumit jika Anda harus membawa helm cadangan. Kecuali ada bagasi sepeda motor yang dapat membawa helm cadangan," pungkas Richard. (lua / kering)