Sebagian besar wilayah Jabodetabek akhir-akhir ini sering turun hujan. Bagi para bikers, tentu saja wajib memiliki jas hujan agar kegiatan mengemudi tetap lancar.

Pemilihan jasnya sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan, Otolovers. Seperti yang dikatakan CEO Istana Payung, Johanes Paulus, jas hujan yang bagus harus mampu melindungi tubuh pengendara dari paparan hujan, tetapi tetap nyaman digunakan.

"Di pasaran ada tiga jenis jas hujan yang biasa dijual. Pertama, jenis HDPE yang terbuat dari plastik paling tipis, yang berfungsi sebagai jas hujan darurat. Kedua, jas hujan plastik PVC. Ketiga, jas hujan jenis jahitan yang umumnya terbuat dari parasut, "kata Johanes yang juga memproduksi jas hujan bersama Masterain dan Carol.

Bicara soal harga, menurut John, jas hujan jenis HDPE lebih murah karena terbuat dari plastik tipis. Sementara untuk jenis plastik PVC, konon harganya juga cukup murah, tetapi masih belum cukup kuat.

Foto Jas Hujan: Istana Payung

"Yah, jenis jahitan yang terbuat dari parasut (parasut terbaik yang disebut taslan) adalah yang terbaik, tetapi harganya tentu lebih mahal," lanjut John.

Menurut Johanes, bahan parasut taslan memiliki keunggulan tidak panas saat digunakan, karena bahannya seperti kain. Hanya saja jika kondisi hujan sangat deras, materialnya menjadi sedikit lembab. Untuk alasan ini, perawatan diperlukan dengan mengeringkannya setelah digunakan.

"Bahan parasut taslan ini aman di bawah sinar matahari, berbeda dengan bahan PVC yang jika dikeringkan di bawah sinar matahari bisa mengeras dan rapuh," katanya.

Sedangkan dari jenisnya, model jas hujan tentu lebih direkomendasikan karena lebih aman. "Dari pengalaman kami, (jas hujan) model pakaian dan celana yang paling dicari adalah pengendara sepeda motor," jelas Johanes.

Detail Johanes lagi, yang perlu diperhatikan oleh pengendara dalam memilih jas model jas hujan, ada di tengah celananya. Menurut Johanes, bagian jas jas hujan, terutama celana harus memiliki bentuk agak besar.

"Seharusnya diberi lebih banyak ruang di tengah celana sehingga tidak mudah robek, karena kita sudah menggunakan celana juga," pungkas John.