Jakarta – Penerangan sepeda motor adalah bagian penting dari berkendara terutama pada malam hari atau cuaca buruk. Penggantian lampu dengan produk aftermarket yang memberikan daya cahaya lebih merupakan pilihan bagi sebagian pengguna yang membutuhkannya.

Tapi tunggu sebentar, pilihan lampu lebih terang dan pemasangan yang tidak tepat dapat membahayakan pengendara lain dari arah yang berlawanan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perubahan ini demi mendorong kita semua.

"Dalam mengganti lampu, hal yang perlu diperhatikan adalah fokus lampu harus diatur. Meskipun cahayanya lebih terang, jika fokusnya tepat maka tidak akan menyebabkan silau ke pengemudi lain dari arah yang berlawanan," kata Direktur CV Sampurna Part Niaga, Lily Hernawan sebagai pemegang merek Autovision. bertemu di showroom mereka, Kosambi, Jakarta Barat (27/3/2018) dalam pengenalan produk baru untuk lampu Yamaha Nmax.

Agar cahaya yang dipancarkan tidak merambat ke titik yang membahayakan pengendara lain, Autovision sendiri menghasilkan produk yang memiliki titik fokus cahaya menurut OEM dari produsen sepeda motor.

"Untuk lampu kami, titik fokus persis sama dengan OEM. Yang didapat adalah lampu yang jernih dan terang, sehingga fokus tidak berubah dan mengganggu pengemudi dari arah yang berlawanan," jelas Lily.

Selain itu, rumah lampu juga tidak boleh dimodifikasi dari standar pabrik. Standar yang telah diproduksi oleh masing-masing sepeda motor adalah referensi paling aman dalam penggantian lampu.

"Yang berpengaruh adalah rumah lampu, kami tidak menyediakan reflektor karena reflektor asli lebih baik," tambah Lily.

Pada kesempatan ini Autovision memperkenalkan lampu baru mereka untuk Yamaha Nmax, yaitu LED Nmax Gen 2. Generasi terbaru ini telah membawa Teknologi Light Booster LED yang diklaim mampu meningkatkan pencahayaan lebih terang dan lebih tahan lama.

Teknologi terbaru yang diterapkan pada Nmax Gen2 LED mampu meminimalkan elemen panas. Ini karena PCB yang digunakan terbuat dari aluminium sehingga dapat mempertahankan suhu di bawah 80 derajat Celcius.

Autovision LED Nmax Gen 2 Foto: Rizki Pratama / detikOto

"Perbaikan yang telah kami lakukan pada Autovision LED Nmax Gen2 adalah untuk memberikan kualitas terbaik kepada konsumen. Seperti yang kita tahu, sektor penerangan adalah salah satu kebutuhan pengendara ketika melakukan perjalanan malam hari, terutama bagi pecinta tur," kata Lily.

Autovision menawarkan dua pilihan warna terang untuk LED Nmax Gen 2. Opsi pertama adalah putih dengan spesifikasi cahaya 5.500 kelvin dan yang kedua adalah jenis kombo yang merupakan kombinasi dari balok putih rendah 5.500 kelvin dan balok tinggi kuning 3.000 kelvin.

"Meskipun kapasitas daya lebih besar dari lampu standar dan mengemudi lebih ringan, Autovision LED Nmax Gen 2 tidak menyilaukan driver lain. Formulasi adalah posisi lampu yang telah kami sesuaikan dengan kebutuhan mengemudi. Selain itu, meningkatkan lampu ini tidak mengganggu pasokan arus listrik ke kendaraan. dengan kata lain itu tidak menyebabkan baterai menyalip, "jelas Lily.

Lampu khusus terbaru untuk Yamaha Nmax dibanderol dengan harga lebih murah dari generasi sebelumnya. Seluruh Indonesia Autovision LED Nmax Gen 2 dapat diperoleh dengan harga Rp. 275.000 dengan penggunaan garansi 6 bulan.

Jika sorotan cahaya tergantung pada set fokus, untuk lampu kami titik fokus persis sama dengan OEM. Yang didapat adalah lampur yang jelas dan terang, sehingga fokus tidak berubah dan mengganggu pengemudi dari arah berlawanan yang berpengaruh adalah rumah lampu, kami tidak menyediakan reflektor karena reflektor asli lebih baik. (rip / lth)