Melayani pelanggan di bengkel resmi karena masih mendapat garansi dari pabrik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Di tengah masa kerja dari rumah dan berlakunya kehidupan normal baru, sejumlah APM secara aktif mendorong layanan layanan produknya kepada pelanggan. Hal itu dilakukan untuk mengatasi lesunya penjualan akibat pandemi beberapa bulan terakhir.

Pelanggan yang kendaraannya masih dalam masa garansi pabrik umumnya hanya perlu melakukan perawatan rutin secara rutin. Penggantian dilakukan hanya untuk bagian yang aus akibat penggunaan sehari-hari. Berbagai pola layanan ditawarkan kepada konsumen, seperti diskon khusus suku cadang tertentu, hingga layanan gratis.

Servis rutin dapat dilakukan dengan menghubungi bengkel resmi terdekat untuk menjadwalkan servis atau menelepon servis rumah. Bahkan saat ini servis kendaraan dapat dilakukan dengan drive thru. "Pelanggan bisa tetap di dalam mobil, tanpa harus keluar dari mobil," kata Ratno Yunanto, Service Department Head PT Astra International Daihatsu Sales Operations, dalam webinar Selasa (18/8).

Dalam layanan ini, Daihatsu akan memeriksa 21 item komponen hanya dalam waktu 20 menit, gratis. Program Rapid Service akan dilaksanakan pada tanggal 5 September 2020 di gerai Daihatsu di Astra Biz Center, BSD, Tangerang. Program ini dibatasi untuk 50 mobil, dengan jam layanan selama jam kerja. Pelanggan yang tertarik dengan program layanan cepat ini dapat mendaftar secara online atau memesan Instagram.

Umumnya kendaraan yang masih dalam garansi pabrik, rutin melakukan servis di bengkel resmi. Mereka akan diarahkan untuk mengikuti layanan yang sesuai menurut manual. Namun setelah masa garansi habis, jumlah kendaraan yang melakukan servis di bengkel resmi berkurang.

Karena terkait dengan HUT RI ke 75, pihaknya menawarkan Paket Diskon Merdeka, pemberian Service Service Discounts sebesar 17 persen, Sparepart 8 persen, dan Pembelian Oli 20 persen. Selanjutnya Paket Free Freedom ada potongan harga lebih dari 50 persen sehingga pelanggan hanya perlu membayar 100 ribu rupiah saja untuk mengecek komponen rem atau tune up mobil.