Pelindung helm penting karena berhubungan dengan penglihatan saat mengemudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu bagian terpenting yang ada di helm adalah kaca helm. Bagian helm yang sering disebut visor menjadi bagian paling vital karena berhadapan dengan penglihatan atau visual saat berkendara.

Salah satu anggota komunitas bikers Versys Owners Indonesia (VOID), Emerson memberikan sejumlah saran untuk perawatan visor, terutama ketika ia sedang dalam perjalanan panjang.

"Pertama, pelindungnya harus dibersihkan menggunakan kain mikrofiber. Lalu, mengelapnya harus dengan arah yang sama, bukan bolak-balik dua arah," kata Emerson, ditemui di Pameran Helm Jakarta, pekan lalu.

Emerson juga mengatakan, pengeringan setelah membersihkan gelas dengan waslap, bisa menggunakan tisu kering yang dibersihkan dengan arah yang sama. Kemudian, selama perjalanan, visor sering kotor dengan pasir atau debu tebal.

Dia menyarankan, membersihkan visor bisa dilakukan dengan memberi air terlebih dahulu untuk membilas pasir yang menempel. "Dibilas hanya dengan air biasa. Tidak perlu menggunakan sabun karena agak merepotkan. Karena kita sedang di jalan lagi, mengadakan tur. Kemudian bersihkan dengan kain microfiber directional," katanya.

Hal serupa juga disarankan oleh anggota komunitas "Helm Belajar", yaitu Ratno & # 39; Jawa & # 39 ;. Jawa mengatakan, pembersihan dari pasir harus dilakukan dengan membilasnya dengan air mengalir.

Dia menyarankan agar pembersih tidak menggunakan cairan yang terbuat dari minyak atau minyak. Apalagi pembersihan menggunakan sabun. Cukup dengan air mengalir, pelindungnya bisa bersih.

"Visor dihapus terlebih dahulu. Kemudian disiram dengan air mengalir. Jika sudah dilakukan, bersihkan saja menggunakan kain mikrofiber dengan jenis kain yang lebih lembut yang digunakan untuk badan helm," katanya.