Gunakan air dan sabun dengan kandungan deterjen rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Selain retak atau baret, masalah lain yang juga sering muncul pada kaca kendaraan adalah warna yang mulai kusam. Kaca yang kusam tentu akan membuat penampilan kendaraan menjadi kurang sedap dipandang dan cukup berbahaya saat berkendara.

Staf toko spesialis perbaikan kaca retak dari Yoong Motor, Jhenny memberi beberapa tips untuk menjaga agar kaca kendaraan tidak kusam. Yang pertama adalah secara rutin membersihkan semua bagian kaca kendaraan, mulai dari kaca depan, belakang, kaca spion dan lampu.

"Cukup bersihkan dengan air dan sabun seperti sabun mandi atau sampo yang tidak banyak mengandung deterjen," kata Jhenny saat ditemui di pameran Indonesia Modification Expo 2018, di Balai Kartini, Jakarta, Minggu (18/11).

Ujung berikutnya adalah tidak menerapkan produk kimia instan yang dimaksudkan untuk membersihkan kaca. "Kadang-kadang ada banyak obat instan yang dijual, ingin jelas tapi dampaknya justru menggigit plastik atau bahan kaca yang justru menyebabkan kusam," katanya.

Ujung yang terakhir adalah untuk menghindari kebiasaan memarkir mobil di bawah sinar matahari atau di bawah hujan. Jhenny mengatakan, cara terbaik untuk melindungi kaca kendaraan agar tidak mudah kusam dengan memarkirnya di garasi.

"Paparan terhadap matahari, terkena panas dan hujan, parkir di luar garasi menyebabkan kerenggangan yang cepat," tutupnya.