Hal utama yang harus dilakukan adalah mempelajari polis asuransi kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kondisi lalu lintas tidak dapat diprediksi. Tak jarang, ada kejadian tak terduga yang terjadi di tengah perjalanan. Bagi pengemudi mobil, kecelakaan yang terjadi seringkali memakan anggaran yang besar untuk biaya perbaikan kendaraan.

Karenanya, beberapa pengendara juga memilih menggunakan jasa asuransi sebagai sarana transfer risiko. Nah, untuk memastikan setiap klaim asuransi dapat diproses oleh perusahaan asuransi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nasabah asuransi.

Chief Technical Officer Adira Insurance, Rismauli Silaban mengatakan, salah satu hal utama yang harus dilakukan adalah mempelajari polis asuransi. “Perusahaan asuransi biasanya memiliki beberapa produk asuransi kendaraan. Oleh karena itu, nasabah harus mempelajari secara mendalam apa saja yang tercakup dalam polis asuransi yang dipilih,” kata Rismauli Silaban dalam diskusi virtual Forum Jurnalis Otomotif (FORWOT) dan Adira Insurance, Rabu (14 /). 10).

Pengetahuan tentang polis asuransi ini penting dilakukan mengingat setiap produk asuransi memiliki pertanggungannya sendiri-sendiri. Dengan mengetahui nilai pertanggungannya maka nasabah akan mengetahui apakah kejadian yang dialami dapat ditindaklanjuti melalui proses klaim atau tidak.

Selanjutnya, jika terjadi kecelakaan, pelanggan disarankan segera mendokumentasikannya segera setelah terjadi kecelakaan. Dengan begitu, kronologi kecelakaan bisa terdokumentasi dengan baik.

"Pelanggan juga sangat disarankan untuk segera memproses klaim setelah kecelakaan terjadi. Maksimal laporan harus disampaikan dalam waktu lima hari sejak kejadian," ujarnya.

Menurut dia, batasan maksimal ini perlu ditaati agar memudahkan perusahaan asuransi jika perlu memperdalam kejadian di lapangan.

Lebih lanjut, proses klaim juga harus didukung dengan dokumen yang lengkap. Beberapa dokumen yang diperlukan dalam proses klaim antara lain formulir klaim, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK dan surat keterangan dari polisi.

Nah, mengenai proses klaim, lanjutnya, Adira Insurance juga melakukan inovasi melalui aplikasi Klaim Autocillin Mobile. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat memproses klaim hanya dengan melengkapi data dan mengunggah foto pada aplikasi.

Eric Iskandarsjah Z