Jakarta – Agar dapat berjalan dengan lancar, sepeda motor atau mobil yang digunakan oleh pengemudi transportasi online harus dalam kondisi prima. Apakah merepotkan jika Anda tiba-tiba mogok di jalan?

Karena alasan ini, perawatan diperlukan agar mesin kendaraan selalu terjaga. Apalagi driver online menggunakannya setiap hari.

Dilihat dari Youtube Grab Indonesia, ada beberapa tips mudah yang dapat dilakukan oleh pengemudi online untuk merawat kendaraan mereka. Berikut ini di antara mereka.

Pertama, panaskan kendaraan selama lima menit sebelum berjalan. Pemanasan kendaraan dimaksudkan untuk menghindari korosi atau karat pada mesin. Kedua, periksa kilometer dan ganti oli secara teratur. Mengganti oli secara teratur dapat menjaga kinerja mesin.

Ketiga, periksa tekanan ban dan busi. Tekanan ban yang tepat dapat memudahkan perjalanan. Selain itu, jika ban kurang angin, beban mesin akan meningkat dan konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

Sedangkan busi berfungsi untuk pembakaran di mesin kendaraan. Jadi jika sepeda motor kotor atau mobil akan mogok. Tidak menginginkannya, tiba-tiba mogok di tengah perjalanan?

Maka ini yang paling penting. Pastikan tangki bensin terisi. Selain kendaraan bisa berjalan, sering mengosongkan tangki bensin berbahaya untuk kinerja kendaraan.

Efek negatifnya adalah bagian dalam tangki akan rentan terhadap korosi. Jika demikian, akan sangat mudah untuk diendapkan oleh kotoran yang timbul dari karat yang terkelupas. Kotoran yang muncul tak terhindarkan akan dihisap oleh pompa bahan bakar, alias pompa bensin. Akhirnya, semprotan bensin ke ruang bakar terhalang dan motor sering mengalami kecelakaan. (prf / ddn)