Saat ini TAM juga sedang mempersiapkan terobosan melalui showroom virtual

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Promosi digital saat ini gencar dilakukan oleh produsen otomotif untuk menarik minat konsumen. Oleh karena itu, berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis digital ini, salah satunya dengan membuat showroom virtual.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Asta Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, melihat tingginya antusias masyarakat dalam acara virtual, TAM saat ini juga sedang mempersiapkan terobosan melalui showroom virtual. “Kami akan segera menghadirkan showroom virtual. Melalui fasilitas ini, konsumen dapat melihat produk, dealer, dan layanan kami secara virtual kapan pun dan di mana pun. Rencananya showroom virtual ini akan hadir pada akhir tahun ini dan dapat diakses selama 24 jam. ujarnya beberapa waktu lalu di bengkel virtual Astra International

Pembangunan virtual show room merupakan bagian dari kegiatan digital marketing yang sebelumnya dilakukan oleh PT TAM. Sejumlah kegiatan digital digelar, di antaranya Toyota Virtual Expo yang sudah berlangsung dua kali pada Juli dan September 2020. Toyota juga memiliki saham di Google Auto Festival pada Agustus 2020. Dalam setiap acara tersebut, PT TAM berhasil menjaringnya. lebih dari 600 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). ).

Sejumlah kanal digital yang dikembangkan antara lain membangun akun web, Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram. Dari semua platform tersebut, Facebook Toyota ternyata menjadi salah satu akun terpopuler karena telah mencatatkan jumlah pengikut 3,1 juta akun.

Lebih lanjut, website Toyota juga menjadi salah satu channel yang cukup menarik dan berhasil mencatatkan jumlah kunjungan sebanyak 1,5 juta pengunjung. Sedangkan akun Instagram dan Twitter Toyota saat ini memiliki 434 ribu dan 165 ribu pengikut.

PT Toyota-Astra Motor mengadakan program purnajual khusus bertema "Health & Safety Campaign" yang akan berlangsung mulai tanggal 5 Oktober hingga 31 Desember 2020 dengan melibatkan seluruh jaringan bengkel resmi Toyota di Indonesia. Menghadapi situasi pandemi saat ini, berbagai program dan layanan, kami juga perkuat aftersales, kata Anton.

Saat ini Toyota terus memimpin pangsa pasar sebesar 31,7 persen year to date. Keberhasilan penjualan Avanza dan Innova terbukti berkontribusi sekitar 59 persen. Sementara sekitar 25 persen penjualan ditopang oleh dua SUV andalan Toyota, Fortuner dan Rush.