Balikpapan – Pelapis sintetis merupakan pilihan untuk mempercantik tampilan kendaraan. Harganya jauh lebih murah daripada kursi kulit asli, tetapi meskipun demikian tidak jarang bagi seseorang untuk memanfaatkan ceruk dengan membuat produk palsu.

Manajer Merek MBTech, Dana Iswanto, mengatakan bahwa agak sulit untuk membedakan kulit sintetis asli dengan kulit palsu ketika dipasang di kursi kendaraan, tetapi kualitas dan daya tahan warna tidak sekuat yang asli .

"Bentuk fisik dari backprint (Cap) MBTech, hanya jika sudah dipasang tidak bisa dilihat," kata Dana di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah meminta kekuatan jaminan dari pedagang, melalui tanda terima transaksi. Ini adalah semacam jaminan psikologis bagi konsumen, karena jika kualitas memburuk setelah 6 bulan, keluhan konsumen dapat menjadi lebih kuat dengan bukti itu.

"Sebelumnya kami melakukan kampanye, sehingga pasar kursi dicap pada penerimaan 100 persen dari penggunaan MBTech asli, biasanya setelah 6 bulan perubahan warna palsu, pelanggan kembali ke pembuat kursi lagi. Jadi sebenarnya untuk pembuat kursi tetapi jika sekarang pembuat kursi yang sudah memiliki nama tidak mungkin, "kata Dana.

Tips dari IMF, untuk memastikan bahan pelapis yang digunakan adalah MBtech asli, disarankan untuk memilih pembuat kursi yang sudah memiliki nama besar.

PT Polystar International sebagai agen distributor MBTech juga dapat memberikan referensi pembuat kursi yang menjamin bahwa kulit sintetis yang digunakan adalah MBtech asli.

"Kami memiliki hotline layanan, sehingga kami dapat menampungnya," kata Dana. (riar / kering)