Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan salah satu ruas Jalan Tol Trans-Sumatra, yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) hari ini, Jumat (8/3/2019). Kehadiran jalan raya ini juga merupakan sinyal yang baik bagi industri otomotif, karena distribusi kendaraan ke daerah semakin mudah. PT Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek resmi (APM) mobil Honda di Indonesia menyambut baik peresmian jalan tol Trans-Sumatra.

"Ya, tentu saja itu kabar baik bagi kami," kata Direktur Pemasaran dan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy saat dihubungi detikoto, Jumat (3/8/2019).

Mengenai distribusi kendaraan kepada konsumen yang berdomisili di Sumatra, Jonfis belum bisa memastikan percepatan dalam pengiriman produknya. Honda sendiri perlu meninjau terlebih dahulu strategi pemasaran mereka. Jalan Tol Trans-Sumatra Foto: dikhy sasra

"Untuk saat ini, kami tidak dapat menjawab, karena tidak ada ulasan resmi dari kami," lanjut Jonfis dalam percakapan.

Saat ini produk Honda paling populer di Sumatra adalah Brio dan HR-V. Keberadaan jalan tol ini tentu akan berdampak pada konsumen yang baru saja memesan produk Honda pilihan mereka.

Jalan tol Trans-Sumatra baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo hari ini. Segmen Bakauheni-Terbanggi Besar memiliki panjang 140,7 km dan merupakan yang terpanjang di Indonesia saat ini.

"Hari ini kita akan meresmikan jalan tol terpanjang yang pernah saya diresmikan, 140 km. Ini adalah putaran pertama yang secara resmi kami buka," kata Jokowi dalam pidatonya.

Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi terdiri dari Paket Bakauheni-Sidomulyo 1, Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, Paket 3 Kotabaru-Metro dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar. Hari ini, setelah Jokowi diresmikan, jalan tol itu sudah beroperasi penuh.

Koneksi jalan tol ini diharapkan memiliki dampak positif, terutama untuk mobilitas orang-orang di Pulau Sumatra, serta mempercepat arus logistik dengan waktu perjalanan yang lebih singkat dan biaya yang terjangkau. (rip / lth)