Jakarta –

Mobil Toyota Alphard Via Alphen terbakar habis pada Selasa (30/6/2020). Diduga mobil mewah itu dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu, apakah jenis kerusakan ini ditanggung oleh asuransi?

Manajer Komunikasi Pemasaran & Humas Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto mengatakan acara pembakaran Toyota Vallard Via Vallen adalah bagian dari perlindungan asuransi.

"Mobil itu dibakar oleh orang lain, artinya perbuatan jahat," kata Iwan saat dihubungi AFP, Selasa (30/6/2020).

Ini mengacu pada kebijakan asuransi kendaraan bermotor di Indonesia. Dalam Bab I pasal 1 terkait dengan risiko yang dijamin.

Kerugian dan / atau kerusakan yang ditanggung oleh asuransi yang disebabkan oleh:

1.1. Hancur, berbenturan, terbalik, terpeleset, atau jatuh;
1.2. Perbuatan jahat;
1.3 pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti oleh kekerasan atau
ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan Pasal 365
Kode kriminal;
1.4.Bakaran, termasuk:
1.4.1. kebakaran karena kebakaran dari benda atau area penyimpanan terdekat lainnya
Kendaraan bermotor;
1.4.2. api karena sambaran petir;
1.4.3. kerusakan karena air dan / atau alat lain yang digunakan untuk mencegah atau
memadamkan api;
1.4.4. penghancuran semua atau sebagian Kendaraan Bermotor atas perintah pihak yang
berwenang dalam upaya mencegah penyebaran api.

2. Kerugian dan / atau kerusakan yang disebabkan oleh peristiwa yang disebutkan dalam ayat (1) Pasal ini selama Kendaraan Bermotor berada di atas kapal untuk menyeberang di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, termasuk kehilangan dan / atau kerusakan disebabkan oleh kapal yang bersangkutan mengalami kecelakaan.

Namun, insiden mobil Toyota Alphard Via Vallen yang dibakar oleh orang lain perlu diselidiki lebih lanjut.

"Ini harus dibuktikan, apakah benar ini karena perbuatan buruk. Itu artinya perlu laporan polisi, kalau TKP, dll," jelas Iwan.

Sebelumnya dilaporkan oleh AFP, sebuah truk pemadam kebakaran datang ke lokasi. Api padam satu jam kemudian dan tidak menyebar ke mana-mana.

"Alhamdulillah, tidak apa-apa. Alhamdulillah, aku tidak masuk ke rumah, cukup menabrak mobilku. Dan tersangka ada di kantor polisi. Yang membakar mobilku ada di kantor polisi," Via Vallen memberi tahu unggahan Instagram Stories berikutnya.

Mobil putih Toyota Alphard bernomor W 1 VV diparkir di sebelah rumah penyanyi dangdut di Desa Kali Tenggah Selatan RT 2 RW 3 Tanggulangin, Sidoarjo.

"Ya, ini adalah mobil Via Vallen yang terbakar," saudari Via Vallen, Mella Rossa (24) mengatakan kepada AFP di lokasi kejadian, Selasa (30/6/2020). Menurutnya, acara itu terjadi subuh sekitar pukul 03.20 WIB.

Lihat video "Video Pedang Pedang Via Vallen Burned"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)