Kapal ramah lingkungan dibuat dengan mesin di Toyota Mirai.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Salah satu dampak pemanasan global yang terus terjadi adalah kenaikan permukaan laut. Ini juga mendorong produsen transportasi laut untuk membawa kapal ramah lingkungan.

Dilansir dari Car and Driver, Senin (22/6), salah satu produsen yang berkomitmen menghadirkan produk "hijau" adalah Yanmar. Agar produk memiliki kinerja yang terbukti, Yanmar bekerja sama dengan Toyota.

Melalui kolaborasi ini, Yanmar dan Toyota juga menghadirkan kapal yang digerakkan oleh powertrain berbasis sel bahan bakar. Produk yang masih hadir dalam bentuk perahu konsep ini sendiri dilengkapi dengan powertrain yang digunakan dalam produk Toyota Mirai.

Kerja sama ini merupakan bagian utama dari nota kesepahaman (MoU) antara Yanmar dan Toyota. Nota Kesepahaman ini sengaja diwujudkan untuk mencapai misi menghadirkan transportasi laut berbasis hidrogen yang ramah lingkungan.

Peran Yanmar dalam konsep ini adalah untuk membawa lambung dan kabin kapal. Kemudian, peran Toyota diwujudkan melalui powertrain dan tangki hidrogen bertekanan tinggi yang menjanjikan daya jelajah yang memadai.

Rencananya, kapal konsep ini juga akan menjalani uji coba lapangan pada akhir tahun 2020. Setelah itu, konsep ini hanya akan mulai diterapkan pada berbagai fasilitas transportasi laut lainnya.

Dalam mendukung misi ini, Yanmar juga bekerja sama dengan pemerintah, industri dan akademisi. Yanmar menilai, salah satu pasar potensial untuk produk kapal sel bahan bakar adalah di sektor kapal wisata.