Jakarta –

Toyota menghadirkan pembaruan pada SUV andalannya, Toyota Harrier. Toyota Harrier generasi keempat mulai dijual di Jepang.

Toyota Harrier dijual dengan pilihan mesin 2.000 cc dan 2.500 cc versi hybrid. Keduanya ditawarkan dengan pilihan penggerak roda depan atau penggerak semua roda.

Toyota Harrier dengan mesin 2.000 cc dapat menghasilkan hingga 171 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 207 Nm pada 4.800 rpm. Sementara versi hybrid dengan mesin kode A25A-FXS dengan kapasitas 2.500 cc memiliki tenaga 218 PS. Dengan sistem E-Four (all wheel drive), Harrier versi hybrid dapat melesat hingga 222 PS.

Harrier didukung oleh sasis TNGA-K dari Toyota, dengan suspensi MacPherson struts di depan dan double wishbones di belakang. Mobil ini dijual dengan pilihan pelek 17 inci hingga 19 inci.

Foto Toyota Harrier Terbaru: Doc. Toyota

Kedua varian Toyota Harrier datang dalam tipe S, G, dan Z dan Paket Kulit tersedia. Untuk pasar Jepang, Harrier dapat disesuaikan dengan interior hitam, kombinasi hitam dan coklat, dan abu-abu muda sesuai selera konsumen. Atap panorama dengan kaca elektrokromatik dapat diredupkan untuk menyesuaikan tingkat cahaya alami di kabin.

Foto Toyota Harrier Terbaru: Doc. Toyota

Di dalam Toyota Harrier terbaru terdapat sistem hiburan dengan layar sentuh 12,3 inci dengan sistem navigasi T-Connect SD dan dukungan untuk SmartDeviceLink, Apple CarPlay dan Android Auto. Audio mobil mengandalkan sembilan pengeras suara dari JBL.

Khusus untuk versi hybrid terdapat stopkontak listrik AC 100 volt, 1.500 watt yang dapat memberikan daya ke perangkat listrik rumah tangga. Fitur itu dapat berfungsi sebagai catu daya darurat, sehingga merupakan sejenis generator.

Toyota Harrier juga dilengkapi dengan sistem keselamatan Toyota Safety Sense. Fitur-fiturnya termasuk sistem keselamatan pra-tabrakan yang dapat mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda di malam hari di siang hari untuk Intelligent Clearance Sonar dengan rem Dukungan Parkir yang membantu menghindari atau mengurangi kerusakan akibat tabrakan kecepatan rendah, seperti di tempat parkir. Selain itu, ada juga Digital Inner Mirror, semacam dashcam yang menyoroti bagian depan dan belakang dan direkam pada Kartu SD saat mobil bergerak.

Di Jepang, Toyota Harrier terbaru dijual dengan harga mulai dari 2.990.000 yen (Rp. 398 juta) untuk tipe terendah. Sementara tipe tertinggi, Toyota Harrier 2.5 Hybrid E-Four tipe Z dengan Paket Kulit dapat ditebus dengan harga 5.040.000 yen (Rp. 671 juta). Harga itu berlaku di Jepang.

Lihat videonya "Aksi Tulus dan Anji Selesaikan Acara Toyota Nation Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lua)