Jakarta –

Virus Corona (COVID-19) telah menjangkiti pabrik otomotif. Pegawai pabrikan otomotif seperti Toyota, Daihatsu, dan Suzuki terindikasi virus yang sudah menjadi pandemi di dunia.

Protokol kesehatan telah diterapkan secara ketat di pabrik otomotif ini. Namun, karyawan di beberapa pabrik otomotif dinyatakan positif COVID-19.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melaporkan 10 karyawan TMMIN terdiagnosis COVID-19. Para karyawan ini telah dirawat sesuai dengan protokol kesehatan untuk perawatan medis lebih lanjut segera.

Lima dari 10 karyawan yang dinyatakan positif COVID-19 telah dinyatakan sembuh dari virus tersebut. Sementara itu, lima karyawan lainnya sedang dalam proses pemulihan kesehatannya secara mandiri dan menjalani perawatan di rumah sakit.

“Sepuluh karyawan tersebut sedang bekerja dari rumah pada saat mereka didiagnosis,” tulis TMMIN dalam siaran persnya.

Pabrik Toyota Indonesia. Foto: TMMIN

PT TMMIN telah melaksanakan prosedur dan kegiatan pencegahan penularan virus Corona di lingkungan kerja sejak Mei hingga Agustus 2020. Penularan COVID-19 tidak hanya terjadi di tempat kerja, tetapi juga muncul di banyak tempat tinggal seperti yang terjadi. dalam beberapa kasus terakhir.

“Diperlukan perhatian penting dalam membangun kesadaran untuk menciptakan dan membangun budaya hidup sehat serta adaptasi kebiasaan baru di hunian karyawan. Dengan aktif menerapkan pola hidup sehat dan beradaptasi dengan kebiasaan baru di rumah, karyawan juga dapat menjadi agen perubahan di lingkungannya masing-masing. dan dukung upaya. menghentikan penyebaran COVID-19, "ujarnya.

Di lingkungan kerja, TMMIN menerapkan tindakan preventif, upaya memastikan kondisi kesehatan, dan prosedur mitigasi jika terjadi infeksi pada karyawan. Saat ini berdasarkan pertimbangan untuk melindungi karyawan dan pemangku kepentingan dari risiko penyebaran infeksi COVID-19, TMMIN melakukan beberapa langkah seperti menjaga jarak fisik dalam kegiatan produksi dan kegiatan operasional terkait lainnya, dengan menggunakan masker yang merupakan bentuk saling menghormati dan melindungi. sesama, serta penggunaan sarung tangan, partisi, dan pelindung wajah pada bagian tertentu.

Transportasi bagi karyawan juga disiapkan untuk menciptakan kenyamanan, sekaligus memastikan konsep beradaptasi dengan kebiasaan baru dipertahankan dari rumah ke lokasi kerja. Tes Cepat untuk semua karyawan yang ada di area kerja juga dilakukan. Kemudian Deklarasi Kesehatan Diri harian untuk semua karyawan. Melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area kerja Toyota Indonesia secara rutin. Penggunaan teknologi aplikasi digital yang memudahkan dalam menjaga jarak aman dan pelacakan kontak. Juga setiap kali Pengawas Kesehatan memeriksa kepatuhan terhadap peraturan kesehatan.

Saksikan Video "Update Positif Covid-19 RI Per 9 Agustus: 125.396 Positif, 80.952 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]