Tokyo –

Toyota Motor Corporation (TMC) bekerja sama dengan Honda R&D Co., Ltd. untuk mengerjakan bus yang dapat berfungsi sebagai power bank. Dinamakan Moving e, bus ini memiliki peran besar di daerah bencana.

Pada dasarnya, sistem ini adalah bus sel bahan bakar yang dapat membawa hidrogen dalam jumlah besar, perangkat pengisi daya baterai portabel, dan baterai portabel. Oleh Honda dan Toyota, bus ini akan mulai diuji kemampuannya menyalurkan listrik dalam berbagai kondisi sulit.

Kolaborasi Toyota-Honda Bikin Genset dari Bus Hidrogen Foto: Dok. Toyota

Bus ini sebenarnya layak disebut genset atau powerbank, karena dapat digunakan sebagai penyuplai tenaga ke rumah-rumah atau pusat evakuasi jika terjadi kerusakan jaringan listrik akibat bencana, seperti angin topan dan hujan badai. Apabila listrik padam karena bencana, Pemindahan ini bertugas memelihara pemasok listrik sementara untuk masyarakat.

Sistem Moving e yang dikembangkan oleh Toyota dan Honda meliputi:

– Bus fuel cell digunakan sebagai sumber listrik
– Kit Power Exporter 9000 Honda yang mengambil tenaga dari bus hidrogen Toyota
– Dua jenis baterai portable Honda, LiB-AID E500 dan Honda Mobile Power Pack (MPP)
– Konsep Pengisian & Suplai Power Pack Mobile Honda.

Kolaborasi Toyota-Honda Bikin Genset dari Bus Hidrogen Foto: Dok. Toyota

Stasiun pengisian berupa bus hidrogen Toyota bisa dibawa kemana-mana. Nantinya, Moving e akan memasok listrik di lokasi yang dibutuhkan. Lebih khusus lagi, perangkat output daya eksternal portabel dan baterai portabel akan digunakan untuk menarik listrik dari bus hidrogen. Listrik akan disuplai ke peralatan listrik yang digunakan.

Toyota mengambil basis dari bus Toyota FC Bus bertenaga hidrogen. Bus sel bahan bakar ini dilengkapi dengan tangki hidrogen bertekanan tinggi yang berukuran dua kali lebih besar, sehingga dapat menyimpan lebih banyak hidrogen. Energi listrik yang dihasilkan dapat mencapai 454 kWh dengan keluaran maksimum 18 kW.

Jika terjadi pemadaman listrik saat terjadi bencana, kapasitas besar ini memungkinkan Pindahan e untuk memasok listrik ke area dalam ruangan seperti pusat evakuasi, serta di dalam kendaraan. Untuk melakukan ini, tenaga listrik dari bus hidrogen Toyota dialihkan ke Power Exporter 9000 (baterai portabel berkapasitas besar dari Honda).

Tonton video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)