Toyota mengembangkan desain pintu yang menyatu dengan atap.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Toyota Motor Corporation (TMC) sedang mengembangkan teknologi unik untuk suku cadang atap supercar. Pengembangannya dipercayakan kepada GAZOO Racing (GR).

Dilansir dari Car Advice, Rabu (26/8), atap uniknya adalah kanopi kokpit yang diartikulasikan. Melalui perkembangan tersebut, Toyota sepertinya ingin memberikan kemudahan akses bagi para pengemudi supercar.

Kanopi kokpit artikulasi merupakan desain pintu yang menyatu dengan atap. Jadi, saat akan keluar atau memasuki supercar, pengendara bisa lebih mudah karena pintu yang menempel di atap bisa terbuka dalam satu kesatuan.

Perkembangan ini terungkap melalui adanya file paten yang diajukan di Amerika Serikat. Kemungkinan besar, desain ini bakal diterapkan pada produk Toyota GR Super Sport.

Jika desainnya benar-benar diterapkan, mungkin itu salah satu desain atap paling unik. Namun pada kenyataannya, paten yang diajukan terkadang tidak selalu langsung diterapkan. Bahkan, sejumlah paten akhirnya dibatalkan untuk diterapkan di lini produksi.

Saat ini Toyota GR Super Sport sendiri merupakan produk yang masih berupa mobil konsep. Mobil yang dikembangkan oleh Toyota Motorsport GmbH ini juga telah diperkenalkan di Tokyo Auto Salon 2018.

Mobil yang termasuk dalam kategori hypercar ini dibekali mesin hybrid V6 twin turbo 2,4 liter. Perpaduan mesin ini juga memberikan tenaga sebesar 986 tenaga kuda.