Jakarta –

Toyota Thailand akan meluncurkan SUV terbaru. Di saluran YouTube resminya, Toyota Thailand merilis video teaser SUV yang akan diluncurkan pada 9 Juli. Diyakini, itu adalah Corolla Cross.

Toyota Corolla Cross telah menjadi bahan pembicaraan baru-baru ini. Mobil itu akan menantang Honda HR-V, Mazda CX-30, ke Nissan Kicks.

Disebutkan, Thailand akan menjadi negara pertama yang meluncurkan Corolla Cross. Belum pasti apakah pasar ASEAN lainnya seperti Indonesia akan mendapatkan Corolla Cross atau tidak.

Corolla Cross akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), khususnya platform TNGA-C yang juga digunakan untuk Corolla dan C-HR. Mobil ini akan memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi 1.620 mm dengan wheelbase 2.640 mm dan ground clearance 161 mm.

Menurut sebuah sumber di Thailand, Corolla Cross akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin empat silinder 2ZR-FBE 1.8. Mesin akan memiliki 140 tenaga kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 175 Nm pada 4.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Opsi kedua adalah mesin hybrid 2ZR-FXE 1,8 liter yang dikawinkan dengan motor listrik dan transmisi e-CVT. Total kekuatannya dikatakan mencapai 122 tenaga kuda.

Dalam hal harga, dikatakan bahwa harga Corolla Cross mulai dari 900.000 baht (Rp. 419 juta) untuk tipe terendah, sedangkan opsi hibrida mendekati 1,2 juta baht (Rp. 558 juta).

Sebelumnya, foto spyshot foto Corolla direkam di jalan-jalan dan dipublikasikan di fanpage facebook Car News Update, Thailand.

Dalam foto tersebut, tampak sebuah mobil crossover kompak yang dilapisi kamuflase hitam. Ini diduga sosok SUV Corolla yang juga akan diluncurkan tahun ini.

Lihat videonya "The New GLS, S-Class Mercedes SUV"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lth)