Gambar Avanza baru telah viral di media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Teka-teki tentang keberadaan Avanza baru saja mulai terungkap ketika Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi mengungkapkan bahwa mobil MPV (kendaraan serba guna) akan menjadi diluncurkan 15 Januari 2019. "Hari ini saya akan mengatakan ya bahwa Toyota akan meluncurkan Avanza baru," kata Anton saat ditemui di kawasan Epicentrum Kuningan, Jakarta, Selasa (1/8).

"Sepenuhnya berkomentar, kami akan menginformasikan yang pertama dari 15 teman media (Januari)," tambahnya. Anton juga mengatakan bahwa undangan mengenai peluncuran Avanza baru akan dikirim ke media mulai Rabu (9/1) besok.

Anton enggan berkomentar tentang peredaran foto di media sosial yang dianggap sebagai penampilan Avanza baru. Dia meminta wartawan otomotif untuk bersabar sampai peluncuran konferensi pers Avanza.

"Kami akan memberi tahu Anda perinciannya nanti pada konferensi pers. Kami akan memberikan perincian lengkapnya," kata Anton.

Berita tentang kehadiran Toyota Avanza baru telah banyak terdengar sejak akhir 2018. Saat itu, ada banyak foto yang beredar dalam citra yang menunjukkan "wajah" Avanza baru. Gambar-gambar itu kemudian viral di media sosial.

Manajer Umum & Pemasaran Eksekutif PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto mengatakan beberapa waktu lalu bahwa pihaknya memang melakukan sejumlah pengembangan untuk semua model, termasuk Avanza.

"Ada beberapa gambar yang diberikan, memang ada beberapa teman yang membuat rendering mereka, maka ada beberapa yang ditemui oleh desainer kami yang kami pertimbangkan masukan untuk nanti jika ada pengembangan Avanza baru," kata Fransiscus, di Jakarta, pada pertengahan -Desember 2018.

"Beberapa kali ketika saya diwawancarai, saya mengatakan bahwa semua produk kami sedang dikembangkan, tidak melupakan Avanza, Rush, yang baru saja diluncurkan tahun ini, dan kami sedang mengembangkannya. Jadi jangan heran jika ada Avanza atau Rush baru, "tambahnya.