Jakarta –

Selama bertahun-tahun, Paus Francis telah menggunakan berbagai mobil yang menemaninya. Kini yang terbaru, Paus Francis menggunakan mobil ramah lingkungan dari pabrikan Jepang.

Toyota menghadirkan Paus Francis mobil ramah lingkungan Toyota Mirai yang dimodifikasi. Mobil ini adalah hadiah dari para Uskup Katolik & # 39; Konferensi Jepang (CBCJ).

Mobil berhadiah ini merupakan salah satu dari dua Toyota Mirai yang dibuat khusus oleh Toyota untuk kebutuhan mobilitas Paus saat Paus berkunjung ke Jepang pada November tahun lalu. Mobil ini dibuat khusus dengan bagian belakang terbuka untuk Paus selama pawai.

Menurut Toyota, Popemobile memiliki panjang 5,1 meter dengan struktur tambahan 1,2 meter. Mobil ini memiliki tinggi 2,7 meter. Selain bodi yang dimodifikasi, bagian lain dari mobil ini tidak mengalami perubahan. Mobil ini masih didukung oleh motor listrik berkekuatan 152 tenaga kuda dengan torsi maksimal 335 Nm.

Sel bahan bakar mengisi baterai nikel-metal hidrida 1,6 kWh. Ada dua tangki bahan bakar hidrogen yang akan memasok tenaga. Dengan begitu, mobil ini bisa berlari hingga 500 km saat kedua tangki diisi hidrogen. Dari knalpot tidak ada emisi yang dilepaskan, hanya air.

Berbeda dengan mobil VIP lainnya, mobil untuk Paus ini tidak dilengkapi kaca antipeluru. Paus Francis sendiri sebelumnya telah mengumumkan bahwa dirinya tidak akan menggunakan mobil antipeluru.

“Memang benar apa saja bisa terjadi, tapi coba saja, di usia saya tidak banyak ruginya,” ujarnya mengacu pada mobil antipeluru.

Tonton video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lua)