Jakarta –

Toyota New Fortuner resmi diluncurkan di Indonesia, dengan banderol harga termurah Rp504,9 juta untuk tipe diesel G M / T. Berbeda dengan di Thailand, varian Legender termewah tidak masuk pasar Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) hanya memperkenalkan 8 varian dan harga New Fortuner. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Bicara soal ubahan, Toyota Fortuner baru kini tampil lebih segar, dengan gril baru dan lighting garnish LED. Pembaruan juga terlihat pada Desain New Bumper Depan, Desain Radiator Grille Baru, Desain New LED Head Lamp, Desain New LED Fog Lamp, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, gril dan fog lamp. Sentuhan diberikan ke semua model, bedanya pada TRD Sportivo, dark chrome garnish.

Tidak hanya desain bodi, New Fortuner juga menggunakan pelek baru alloy 18 inci berjenis TRD Sportivo. Spion luar semua model memakai warna bodi, sedangkan TRD Sportivo memakai warna hitam. Hitam juga digunakan pada step dan step cover TRD Sportivo dan G, sedangkan tipe lainnya memakai silver.

Toyota New Fortuner Foto: Dok. TAM

Beralih ke area belakang, New LED Rear Lamp Combination memberikan siluet yang canggih dan berkelas di malam hari. Bumper belakang TRD Sportivo mendapat tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish untuk semua model dengan chrome dan black chrome untuk TRD Sportivo.

Fitur Kick Sensor dan Power Back Door yang dapat membuka pintu bagasi secara otomatis awalnya hanya tersedia di tipe TRD Sportivo. Namun kini fitur tersebut juga ada pada tipe VRZ dan SRZ.

Beranjak ke interior, kabin New Fortuner kini dikatakan tampil lebih mewah. Kecuali tipe G yang menggunakan kain abu-abu tua, model lain menggunakan bahan kulit hitam. Pada panel dashboard terdapat New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi dengan New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT / ECO Mode Display.

Fitur modern pada SUV ladder frame ini antara lain wireless charger yang memudahkan pengisian ulang baterai smartphone tanpa kabel. Head unit dengan 9 Inch Screen Display yang memiliki konektivitas Miracast dan SDL, perintah suara, monitor surround. Sedangkan varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fitur NFC dan Smartphone Connection. Power Adjuster Kursi Depan, Rear Seat Entertainment with Illumination, dan Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau untuk berkendara di malam hari. Semua pembaruan ini tersedia pada model SRZ, VRZ dan TRD Sportivo, sedangkan spion anti-silau tersedia untuk semua model.

Toyota New Fortuner Foto: Dok. TAM

Surround monitor tidak hanya dapat membantu saat parkir, tetapi juga menyediakan beberapa fitur yaitu Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau apakah ada mobil lain yang masuk ke area keselamatan New Fortuner. Semua fitur tersebut akan memberikan peringatan dini kepada pengemudi saat mobil tidak dalam posisi aman saat menggunakan Surround Monitor.

New Fortuner juga memiliki fitur keselamatan yang cukup mumpuni, baik untuk model 4×2 maupun 4×4. Misalnya, aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G memudahkan dan nyaman untuk mengontrol di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat bermanuver di medan berat.

Fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) tersedia di semua model. Sedangkan Tipe 4×4 VRZ mendapat tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbag tersedia dalam tipe 4×4 dan G 4×4 VRZ.

Mobil ini diklaim menggunakan mesin diesel 2.400 cc 2GD-FTV ramah lingkungan, yang mampu menghasilkan tenaga 149,6 PS dan torsi 40,8 kgm. Mesin ini mendapat sentuhan menggunakan sistem pendingin air di housing kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat. Langkah efisiensi berikutnya adalah penerapan sistem injeksi common-rail yang dikontrol secara elektronik dengan tekanan hingga 250 MPa.

Interior Toyota New Fortuner Foto: Dok. TAM

Sebagai informasi, Fortuner merupakan bagian dari proyek global Toyota di bawah Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Bersama Kijang Innova dan New Hilux, ketiganya merupakan bagian dari program IMV yang memberikan keleluasaan Toyota untuk mengembangkan 3 segmen produk dari platform yang sama. Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, ketiga produk ini berhasil membukukan total penjualan lebih dari 2,2 juta unit.

Toyota Fortuner disebut-sebut sebagai jagoan siomay di kelasnya. Sejak Januari hingga Agustus 2020, Fortuner disebut telah membukukan pangsa pasar 41,1% di segmen High SUV dengan angka penjualan 6.807 unit.

Berikut Varian dan Harga Toyota New Fortuner

DSL 4×2 2,4 G M / T: Rp504.900.000
4×2 2,4 G A / T DSL: Rp. 522.600.000
4×2 2.4 VRZ A / T DSL: Rp553.400.000
4×2 2.4 VRZ A / T DSL TRD: Rp 568.000.000
4×2 2,7 SRZ A / T BSN: Rp 577.400.000
4×2 2,7 SRZ A / T BSN TRD: Rp 592.000.000
4×4 2,4 G A / T DSL: Rp. 630.600.000
4×4 2.4 SRZ A / T DSL: Rp704.500.000

Tonton video "Toyota Fortuner Coaching Clinic, Understand Safety Driving"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / rgr)