Jakarta –

Nama Toyota Starlet cukup terkenal di akhir tahun '70 -an hingga awal ' 80-an. Hatchback kecil, yang tersedia dalam varian dua dan empat pintu, akhirnya dihentikan pada tahun 1999.

Kini, Toyota Starlet akan lahir kembali. Bedanya, Toyota Starlet saat ini menggunakan basis Suzuki Baleno.

Seperti diketahui, Suzuki dan Toyota pernah menjalin kerja sama. Salah satu bentuk kerja sama adalah berbagi basis penjualan mobil di pasar potensial seperti India dan Afrika.

Toyota Glanza yang menjadi rebadge dari Suzuki Baleno ini merupakan salah satu hasil kolaborasi mereka. Nantinya di pasar Afrika, Toyota Glanza berbasis Suzuki Baleno akan dijual dengan nama Toyota Starlet.

Toyota Starlet yang dihidupkan kembali ini berasal dari India sebagai versi modifikasi dari Toyota Glanza hatchback.

Menurut Toyota Tsusho (perusahaan dagang Toyota), Starlet 2021 rencananya akan dijual di kawasan Afrika mulai pertengahan September 2020. Secara spesifik, Starlet akan membantu mendongkrak penjualan kendaraan kecil merek tersebut di Afrika. Saat ini belum ada kabar apakah hatchback tersebut akan meninggalkan Afrika.

Starlet 2021 terlihat identik dengan Toyota Glanza. Satu-satunya perbedaan visual yang terlihat adalah gril dan roda. Meski begitu, bagian belakang dan interiornya mungkin terlihat sama juga.

Hatchback subkompak berukuran panjang 3.995mm, lebar 1.745mm dan tinggi 1.470mm. Di bawah kapnya, Starlet ditenagai oleh mesin 1.4 liter K14B yang menghasilkan 95 tenaga kuda dan torsi 130 Nm. Mobil ini tersedia dengan transmisi otomatis 4 kecepatan atau manual 5 kecepatan.

Tonton Video "Nissan Luncurkan SUV Tendangan e-Power, Buktinya Belum Mati di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)