Jakarta –

Toyota telah berulang kali mengkonfirmasi dan berjanji akan membuat varian dengan versi balap di semua rentang modelnya. Bahkan pikap seperti Hilux mendapatkan varian spesial dari Gazoo Racing dan akan disiapkan mesin diesel torquetastic V6.

Mobil perkotaan seperti Yaris yang baru diluncurkan juga akan mendapatkan bagian dari peningkatan Gazoo Racing. GR Yaris akan mendapatkan 257 hp dengan penggerak semua roda dan dilengkapi dengan mesin tiga silinder paling bertenaga yang pernah dipasang di mobil yang diproduksi oleh pabrikan Jepang.

Yaris baru saja menelurkan crossover dengan nama Yaris Cross. Sedangkan penurunan yang berorientasi pada kinerja belum diungkapkan.

Untuk sementara, Yaris Cross GR akan disertai katalog aksesori balap. Pembeli bisa memilih pelek hitam berukuran 18 inci, sistem knalpot dual sport, flap lumpur, jendela belakang berwarna, serta penambahan bodi pada sudut bumper depan dan pintu samping untuk efek visual yang lebih baik.

Versi balap dari Toyota Yaris Cross GR Foto: Toyota

All New Yaris Cross adalah kendaraan kompak pertama Toyota yang mengadopsi platform TNGA (GA-B). Yaris Cross menampilkan proporsi yang ramping, seimbang dan halus yang mengekspresikan kekokohan dan keunikan sebuah SUV. Meskipun merupakan SUV kompak, Yaris Cross menawarkan ruang bagasi yang mudah digunakan dan mendukung gaya hidup aktif pengemudi dan penumpang.

Yaris Cross ditawarkan di beberapa pilihan dapur pacu. Ada yang menggunakan mesin bensin 1.5 liter Dynamic Force Engine berkode M15A-FKS dengan transmisi transmisi langsung CVT, ada pula yang versi hybrid dengan sistem Toyota Hybrid System II. Versi mesin bensin menawarkan opsi penggerak roda depan (FWD) dan 4WD. Sedangkan versi hybrid juga hadir dengan opsi FWD dan E-Four atau penggerak empat roda elektrik.

Meski belum menawarkan konfigurasi balap pada dapur pacunya, namun kehadiran Yaris Cross Gazoo Racing sepertinya sudah disiapkan. Artinya mobil ini akan memiliki tenaga lebih dari 116 hp dan torsi di atas 145 nm yang merupakan kemampuan standar mobil tersebut.

Tonton video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lth)