Jakarta – Dalam beberapa bulan ke depan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan memiliki bus listrik yang beroperasi pada rute Transjakarta. Bus listrik yang akan diuji adalah MAB dan BYD. MAB (Mobil Anak Bangsa) produk lokal, sedangkan BYD adalah merek dari Cina.

Nantinya, bus tidak akan langsung dibeli oleh Transjakarta. Transjakarta akan menggunakan sistem sewa per kilometer dari operator bus yang memiliki bus listrik.

"Jadi perlu dipahami, bukan berarti Transjakarta membeli armada (bus listrik). Armada bus akan dioperasikan oleh mitra operator," kata Direktur PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono.

Sebagaimana dijelaskan oleh Presiden Direktur PT Bakrie Autoparts, Dino A. Ryandi, distributor BYD di Indonesia, bus listrik BYD akan diuji terlebih dahulu selama 6 bulan.

"Jadi kami terus mengikuti prosesnya. Kami mengadakan penawaran, mengikuti verifikasi teknis dan menjadi salah satu pesaing. Fase berikutnya, uji coba selama 6 bulan. Ketika selesai, mereka melihat hasilnya." Kata Dino.

Agung menambahkan, operator bus listrik akan menjadi mitra Transjakarta yang memiliki bus dan secara simultan mengelolanya. "Transjakarta dalam uji coba akan membayar biaya operasional, sehingga kita bisa mengetahui biaya operasional aktual yang diperkirakan rendah," kata Agung.

Sebagai informasi, BYD K9 memiliki spesifikasi berat 18.000 kg, dengan panjang, lebar, tinggi 12.000 mm, 2.550 mm, dan 3.200 mm. Bus listrik ini dapat membawa sekitar 50 penumpang, 32 kursi dan 18 penumpang berdiri.

BYD K9 memiliki kekuatan hingga 60 kW, dengan proses pengisian baterai sekitar 4 jam. Dalam sekali pengisian baterai, bus ini dapat menempuh jarak 250 km dengan kecepatan maksimum 70 km / jam.

Sedangkan untuk bus listrik MAB memiliki spesifikasi panjang x lebar x tinggi, 12.000 mm x 2.500 mm × 3.270 mm. Merek bus listrik milik mantan Panglima TNI, Moeldoko, diklaim mampu mengangkut sekitar 60 orang. Untuk kecepatan maksimumnya bisa mencapai 70 km / jam, dan untuk pengisian baterai butuh 3 jam. Dalam satu kali pengisian baterai, bus biru ini dapat mencapai 300 km. (lua / lth)