Jakarta – Transmisi mobil penumpang 9-kecepatan canggih sekarang dapat ditemukan di pasar. Ada beberapa kendaraan mewah yang sudah menggunakan transmisi otomatis 9 percepatan.

Bahkan untuk kendaraan yang lebih besar seperti truk / bus sudah ada 16 kecepatan. Meningkatnya jumlah gigi membuat kendaraan lebih efisien.

Menurut Managing Director PT ZFAG Aftermarket Jakarta Donny Septianto Kurniawan dalam percakapan dengan AFP di Jakarta pada Jumat (22/3/2019), transmisi mobil tidak akan berhenti pada kecepatan 9, akan ada lebih banyak pengembangan yang membuat transmisi lebih canggih. Aksesori ZF Foto: Dadan Kuswaraharja / detikOto

"Detailnya adalah saya belum bisa berbicara, tetapi akan ada pengembangan 9 kecepatan mendatang," katanya.

Semakin cepat transmisi mobil akan membuat mobil lebih efisien, selain itu output dari mesin akan lebih maksimal ke roda.

"Performa mesin akan lebih optimal, efisien dan efektif," katanya.

Pabrikan transmisi Jerman ini memiliki beberapa pilihan transmisi mobil. Untuk manual ada 4-7 kecepatan, transmisi otomatis juga dikembangkan dari 3 kecepatan yang pertama kali digunakan untuk mobil penumpang pada 1965 hingga 9 kecepatan transmisi yang biasa digunakan pada merek premium. Model kendaraan yang menggunakan transmisi ZF 9 kecepatan meliputi Fiat Chrysler Automobiles, Honda, Land Rover.

Pasar Indonesia di mata ZF

Sementara itu ZF akan terus mengembangkan pasar di Indonesia. Keseriusan pengembangan pasar terlihat dengan niat mereka untuk mengembangkan cabang di seluruh Indonesia.

"Pasar mobil di Indonesia terus tumbuh dan merupakan salah satu pasar paling menjanjikan di kawasan ASEAN. Oleh karena itu kami pikir pasar di Indonesia sangat penting dan kami akan fokus pada pengembangan pasar di sini. Kami memiliki sejumlah produk aftermarket untuk memenuhi kebutuhan pasar mobil di Indonesia, "katanya.

Aksesori ZF Foto: Dadan Kuswaraharja / detikOto

Komponen ZF yang dipasarkan di Indonesia sebagian besar diimpor dari Jerman. Meskipun sebenarnya ZF memiliki pabrik perakitan di Malaysia dan Thailand.

"Kami memiliki lebih dari 50 pabrik di Jerman yang memproduksi produk ZF untuk dipasarkan ke pasar global, termasuk ke Indonesia. Tetapi secara global kami memiliki 230 pabrik yang tersebar di seluruh negeri," pungkasnya. (ddn / lth)