Jakarta –

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengisyaratkan bahwa ia akan mengizinkan transportasi penumpang di luar daerah lagi. Menurutnya, dimungkinkan untuk semua moda transportasi termasuk bus untuk kembali beroperasi asalkan mereka harus mematuhi protokol kesehatan.

Budi Karya menekankan bahwa orang-orang yang diizinkan bepergian ke luar daerah hanya ditugaskan untuk bekerja, kegiatan bisnis, dan logistik.

Namun, Pengamat Transportasi dari Institut Studi Transportasi, Darmaningtyas, khawatir bahwa kebijakan untuk membuka transportasi ke daerah lain akan membuat virus Corona lebih luas.

"Jika kita melihat data sekarang, lebih dari 300 kabupaten / kota terinfeksi oleh warganya. Ini mengkhawatirkan saya bahwa jika kebijakan ini dibuka lagi, itu akan memperluas penyebaran virus Corona. Ini berarti bahwa dampak ekonomi lebih besar daripada berhenti sebentar. Dampaknya lebih parah dan tidak diketahui kapan itu akan berakhir. Itulah yang menurut saya harus dipikirkan oleh kementerian, "kata Tyas kepada detikOto, Rabu (5/5/2020).

Tyas juga mengatakan bahwa truk logistik yang saat ini dibiarkan bersirkulasi dikhawatirkan pengemudi dan keneknya dapat menularkan virus Corona. Dia mengatakan, awak transportasi logistik memiliki potensi untuk menularkan virus Corona jika kontrol yang ketat tidak dilakukan.

Karena itu, ia menyarankan agar pemerintah menyediakan fasilitas uji cepat virus Corona untuk pengemudi logistik gratis dan pengemudi transportasi.

Khusus untuk transportasi penumpang. Tyas mengatakan, transportasi penumpang dimungkinkan untuk menjadi operator & # 39; dari virus Corona ke daerah.

"Sekarang siapa yang ingin mengendalikan perjalanan orang-orang ini. Jika hal itu dilakukan pada bus pulul apakah bus pulul atau terminal memiliki alat (Corona virus rapid test) untuk mendeteksi calon penumpang. Juga di tempat tujuan. Oke mungkin benar tidak akan ke kena, tapi di jalan mungkin entah bagaimana prosesnya kena. Nanti di daerah tujuan ada alat (Corona virus rapid test) yang bisa mendeteksi no. Kalau tidak dia akan menyebar ke daerah-daerah itu, "katanya.

Tonton Video "Menteri Perhubungan Memungkinkan Angkutan Umum Dioperasikan, Ini Respon Pemerintah Provinsi Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)