Pastikan kondisi lampu mobil dalam keadaan baik saat cuaca hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Saat ini hujan mulai turun di sejumlah daerah di Indonesia. Bagi pengendara mobil, kondisi hujan menjadi kondisi yang perlu diwaspadai agar bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Wuling juga membagikan trik berkendara yang aman saat menghadapi hujan. Dilansir dari situs resmi Wuling Indonesia, Jumat (9/10), salah satu hal yang ditekankan pabrikan asal China itu adalah kondisi lampu mobil.

Ingat, saat hujan akan mempengaruhi visibilitas pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Dalam kondisi seperti ini, lampu mobil menjadi sarana vital untuk meningkatkan visibilitas kendaraan.

Pengemudi sangat disarankan untuk selalu memastikan kondisi lampu depan kendaraan, lampu depan, lampu belakang dan lampu sein kendaraan. Dengan bantuan semua lampu tersebut, pengemudi dapat lebih jelas melihat kondisi jalan raya dan pengguna jalan lainnya juga turut membantu untuk mengetahui posisi kendaraan kita.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kondisi kaca. Baik itu kaca depan, kaca spion samping, belakang dan belakang. Sangat disarankan semua kaca dalam kondisi bersih agar tidak mengganggu pandangan pengemudi.

Pasalnya, jika kaca memiliki kotoran, akan sangat mengurangi jarak pandang saat hujan. Mengenai kaca depan dan belakang, pengendara juga sangat dianjurkan untuk selalu mengecek kondisi wiper baik dari segi fungsi maupun kondisi karet wipernya. Sehingga saat hujan, wiper dapat bekerja secara maksimal dalam meningkatkan visibilitas pengendara.

Selain itu, saat bepergian dengan kendaraan lain, pengemudi sangat disarankan untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depannya. Dengan cara ini, pengemudi masih memiliki jarak yang cukup untuk melakukan pengereman jika kendaraan di depan tiba-tiba mengerem.

Hal ini dinilai cukup penting karena hujan deras sering kali mengurangi jarak pandang sehingga terkadang pengendara terlambat merespon kondisi lalu lintas. Hal ini sekaligus memberikan waktu bagi sistem pengereman untuk menghentikan kendaraan secara optimal di kondisi jalan licin.

Lewat trik ini, Wuling juga sangat menganjurkan para pengendara untuk tidak terlalu memaksakan diri untuk berkendara saat hujan dengan intensitas yang sangat tinggi. Jika hujan lebat menyisakan jarak pandang hanya sekitar satu meter, maka merupakan ide yang baik bagi pengemudi untuk memilih mundur dan menepi di tempat yang aman sambil menunggu saat jarak pandang mulai meningkat.