Jakarta –

Presiden Amerika Serikat Donald Trump tiba-tiba menyerukan boikot terhadap perusahaan ban Good Year. Trump bahkan tidak segan-segan melepas semua ban mobil kepresidenan, Cadillac Limousine hitam yang dijuluki "The Beast".

"Ya akan saya tukarkan, berdasarkan apa yang saya dengar. Kita lihat nanti apa yang akan terjadi," kata Trump saat ditanya soal Good Year seperti dikutip ABC, Kamis (20/8/2020).

"Begini, nanti banyak orang yang tidak mau membeli produk itu lagi," tambah Trump.

Goodyear Tire & Rubber Co, produsen otomotif AS, juga telah mengeluarkan pernyataan resmi. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa postingan tersebut "tidak dibuat atau didistribusikan oleh perusahaan Goodyear, juga bukan bagian dari kelas pelatihan keberagaman."

"Kami meminta rekan kerja untuk tidak terlibat dalam kampanye politik apa pun di tempat kerja – untuk kandidat politik, partai, atau organisasi mana pun," kata perusahaan yang berbasis di Ohio itu.

Kemarahan Trump bermula saat salah satu penyiar dari Kansas memperlihatkan materi presentasi pelatihan keberagaman Goodyear.

Salah satu isi materi presentasi menyebutkan slogan presiden "Make America Great Again (MAGA) – tidak diizinkan atau Goodyear melarang pakaian yang menampilkan slogan politik Trump.

"Jangan beli BAN GOODYEAR – Mereka mengumumkan larangan MAGA HATS. Dapatkan ban yang lebih baik dengan harga lebih murah!" Trump tweet di akun Twitter pribadinya.

Mengutip Snopes, hubungan antara Goodyear dan mobil kepresidenan sudah terjalin selama bertahun-tahun. Sebuah artikel berita tahun 1989 menyatakan, "Goodyear juga mengklaim telah memasok ban ke limusin armada kepresidenan selama lebih dari 25 tahun."

Itu berarti keterlibatan Goodyear dengan armada kepresidenan sudah ada sejak masa kepresidenan Lyndon B. Johnson pada tahun 1964.

Sekarang limusin presiden juga menggunakan Goodyear. Pada 19 Agustus 2020, Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany ditanya apakah "The Beast" akan berhenti menggunakan ban Goodyear sehubungan dengan seruan untuk boikot presiden. McEnany menolak menjawab pertanyaan tersebut, dengan mengatakan dia "tidak akan mengomentari masalah keamanan."

Tonton Video "Trump Disebut Obama Presiden Tidak Kompeten"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / lua)