Keberadaan pembalap Formula 1 seperti Rio Heryanto diharapkan mampu memberikan motivasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Memasuki balapan Muslim tahun ini yang akan dimulai April mendatang, tim balap Toyota Team Indonesia (TTI) akan melakukan sejumlah penyegaran. Selain strategi baru, tim TTI akan menampilkan dua pembalap terbaru, Sabrina Sameh dan Setya Putra. Selain itu, TTI juga akan menghadirkan Rio Heryanto, mantan pembalap Formula 1.

Direktur TTI, Memet Djumhana, Rabu (13/3) menyatakan bahwa penyegaran perlu dilakukan agar tim tetap solid dan fokus untuk mencapai hasil yang lebih baik. Ini sejalan dengan semangat ras luar yang dilakukan oleh TTI saat ini. Seperti coaching clinic, pameran balap, dan coaching clinic. "Kami ingin menjadikan TTI bukan hanya tim balap, tetapi ada kegiatan lain yang didukung oleh pembalap yang unggul," katanya.

Memet juga menyebut keberadaan Sabrian sebagai satu-satunya pembalap wanita di tim TTI. Menurutnya, keberadaan pembalap wanita di tim balap adalah suatu keharusan.

Selain kemampuan di lintasan, pembalap juga harus rendah hati dan mampu bekerja sama dalam tim balap. "Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran pembalap wanita cantik yang unggul adalah bunga bagi tim balap," katanya.

Keberadaan Rio sebagai instruktur diharapkan dapat memberikan motivasi bagi sesama pembalap muda lainnya. Apalagi Rio sudah memiliki sejumlah pengalaman balap internasional. "Ini adalah tugas mulia dalam pengembangan olahraga balap nasional," kata Rio.

Secara keseluruhan, komposisi pembalap TTI musim ini adalah Haridarma Manopo dan Demas Agil yang akan tampil di Sentul Series of Motorsport (ISSOM). Pada acara balap Gymkhana, TTI diperkuat oleh Adrianza Yunial, Anjasara Wahyu, Herdiko Setya Putra dan Sabrina Sameh.

Selain balap sirkuit, TTI sekarang sibuk mempersiapkan Toyota Fortuner untuk bersaing di lintasan off road. Kendaraan yang sedang dikembangkan akan digunakan dalam acara kejuaraan nasional kecepatan off road.