Bogor – Wuling Motors akhirnya memperkenalkan mobil jenis SUV pertama bernama Almaz. Tidak hanya diajak ikut serta dalam membaca spesifikasi mobil, detikOto juga dipercaya untuk mencoba mobil secara langsung.

Terletak di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Wuling Motors mengundang beberapa mitra media untuk merasakan SUV baru. detikOto juga mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi yang pertama mengalahkan Wuling Almaz.

Berbagai rintangan buatan telah dirancang oleh Wuling sehingga semua fungsi di dalam mobil dapat ditampilkan. Mulai dari akselerasi mesin 1.500 cc turbochrome, stabilitas mobil dengan zig-zag, hingga pengujian fitur Auto Vehicle Holding (AVH).

Kesan pertama dari mobil untuk mobil ini secara keseluruhan cukup nyaman sebagai penumpangnya dan juga bertenaga. Apalagi ketika diajak berakselerasi, sangat berbeda dengan Wuling Cortez, yang masih memiliki turbo lag yang sangat terasa. Meski beberapa kali terdengar raungan ketika gas itu diejek.
Wuling Almaz, Foto: Ruly Kurniawan Fitur keamanan Sistem Pengereman Anti-lock juga bekerja secara optimal ketika Anda harus melakukan pengereman mendadak dan segera memutar setir untuk menghindari rintangan atau rintangan. Penumpang baris kedua juga tidak merasa goyah. Rol tubuh Wuling Almaz cukup bagus.

Tetapi memang, mode manual tidak begitu menarik & # 39; dibandingkan dengan CVT otomatis. Karena mobil tidak dilengkapi dengan paddle shift.

Wuling Almaz tanpa paddle shift, Foto: Ruly Kurniawan
detikOto juga mencoba fitur Auto Vehicle Holding yang memungkinkan mobil untuk berhenti dengan sempurna di jalanan curam tanpa menginjak rem. Hasilnya sangat bagus dan mudah dioperasikan.

Memang, tes pertama Wuling Almaz sangat kurang karena hanya diberikan sekitar 30 menit. Namun rasanya cukup untuk menjajal SUV terbaru dari Wuling.

Yang paling terasa berbeda dari mobil yang sama, Wuling Almaz menyediakan ruang luas di penumpang baris kedua. detikOto setinggi 171 cm masih terasa lapang di kaki. Bahkan Selonjoran pun sah.

Kemudian layar serbaguna Wuling 10,4 inci juga patut diakui luar biasa. Di sana segala sesuatu tentang mobil itu sendiri dapat diakses dan diatur sendiri seperti pekerjaan lampu.

Headrest baris ke-2, Foto: Ruly Kurniawan
Tapi itu hanya karena kontrol kestabilan tombol sangat dekat dengan kursi penumpang depan di sebelah kanan unit kepala. Ini cukup berbahaya jika ada anak-anak yang iseng-iseng menekan tombol tanpa diketahui pengemudi.

Mobil itu juga tidak terlalu kencang ketika kecepatan sudah masuk 100 km / jam. Tapi itu masih bisa ditoleransi.

Sekedar informasi, Wuling Almaz dilengkapi dengan mesin 1.451 cc 4 silinder segaris dengan DOHC dengan tambahan turbocharged. Di atas kertas, dengan bantuan CVT delapan kecepatan, mobil ini mampu menghasilkan 140 tk pada 5.300 rpm dan torsi maksimum 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm. Ya, torsi mobil ini adalah yang terbesar di kelasnya.

Foto: Ruly Kurniawan (ruk / lth)