New Delhi –

Memiliki motor mimpi pasti senang, bukan main. Terkadang perayaan berlebihan juga berakhir dengan buruk. Seperti yang terjadi pada pemilik baru Honda CRF Africa Twin 1100L di India, dia sangat senang dia menggunakan sepeda motor keluar dari dealer.

Dikutip Cartoq, Minggu (26/7/2020) mulanya lelaki itu berhasil keluar dari pintu, lalu menuruni beberapa tangga. Beberapa karyawan dealer bahkan merekam aksi pengendara CRF Africa Twin 1100L.

Dalam video yang beredar, pengemudi sepertinya memahami teknik off-road dengan baik. Dia bahkan berdiri di atas motor untuk menjaga keseimbangan saat dia menuruni tangga.

Enam langkah berhasil dilewati dengan lancar. Namun beberapa saat tangga hampir habis. Brak … pelindung mesin skid plate menaiki tangga, dan langsung patah.

Beruntung, pengendara masih bisa mengendalikan motor. Dikatakan bahwa pengendara masih meninggalkan lokasi, dan tidak tahu bahwa mereka telah merusak tangga dealer.

[Gambas:Youtube]

Tangga mungkin hancur, tetapi di satu sisi video ini menunjukkan cara kerja bash plate, saat melakukan off-road. Tujuan dari bash plate adalah untuk menjaga mesin tetap aman bahkan di medan yang tidak dikenal di mana kemungkinan batu besar tiba-tiba muncul dan menabrak mesin.

Sekedar informasi, motor CRF Africa Twin 1100L memiliki panjang x lebar x tinggi 2.330 mm x 960 mm x 1.560 mm. Dengan ground clearance 210 mm dan ketinggian kursi 810 mm, wajar jika pengendara yakin dengan kemampuan sepeda motor besar Marquez.

Terutama dalam hal keamanan, Kembar Afrika juga tidak bermain-main dengan detikers. Ada sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 as dan dapat dihubungkan ke fitur lain seperti ECU dan ABS sehingga sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui.

Africa Twin terbaru mendapatkan mesin yang lebih kuat. Berkat stroke yang diperpanjang sekitar 5 mm, volume meningkat sebesar 86 cc dari model sebelumnya.

Mesin baru dengan kapasitas 1.084 cc 4 tak SOHC dengan konfigurasi paralel twin-liquid liquid-cooled mampu menghasilkan daya maksimum 75 kW @ 7500 rpm dan torsi puncak 105 Nm @ 6000 rpm. Dengan ketentuan ini, sepeda motor akan menjadi pesaing berat bagi sepeda motor petualangan kelas tinggi, seperti BMW R1250GS hingga KTM 1290 Super Adventure.

Duo Marquez telah meluncurkan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure di Jakarta pada awal tahun lalu. Mempertanyakan label harga untuk tipe manual dipasarkan dengan harga Rp. 559.900.000 dan tipe DCT dengan harga Rp. 599.900.000. Harga dipasarkan dengan status jalan DKI Jakarta.

Lihat video "Marc Marquez Batalkan Balapan di MotoGP Andalusia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / rgr)