Jerez –

Valentino Rossi memulai balapan dari posisi 4 di MotoGP Andalusia, Minggu (26/7). Dokter yakin dapat menunjukkan kinerja lebih apik dari minggu lalu.

Pada perlombaan MotoGP 2020 perdana di sirkuit Angel-Neito, Jerez, Valentino Rossi mengalami masalah dengan ban, dan tidak menyelesaikan balapan karena sepeda motor menjauh karena masalah teknis.

Juara MotoGP ke-9 kali ini merasa YZR-M1 semakin ketat di seri GP Andalusia. Hasilnya, Rossi masuk 5 tercepat teratas selama sesi kualifikasi.

"Saya akan mulai dari posisi grid yang baik dan kecepatan saya tidak terlalu buruk, tetapi kami masih harus meningkatkannya karena beberapa tempat kami kehilangan sedikit. Memulai balapan di grid depan adalah penting." Kata Rossi seperti dikutip Crash, Minggu (26/7/2020).

Pembalap berpengalaman seperti Rossi yang telah mencoba 500 cc hingga 1.000 cc merasa bahwa MotoGP saat ini ditentukan oleh karakteristik ban – lebih dari musim sebelumnya -. Karena itu, kesuksesannya memasuki garis depan dalam seri MotoGP Andalusia karena ia membuka pikirannya dan mulai beradaptasi dengan situasi ini.

"Saya katakan tahun lalu, periode terakhir, gaya mengemudi banyak berubah di MotoGP," kata pebalap berusia 41 tahun itu.

"Ketika berbalik, lebih dari sekedar mengemudi dengan baik, Anda perlu melakukan hal yang benar untuk melarang. Dan itu tidak mudah, karena saya memiliki banyak pengalaman – tetapi kadang-kadang pengalaman saya menjadi masalah, pikiran memiliki untuk terbuka dan mengubah banyak hal, "jelasnya.

"Kami telah banyak mengubah pengaturan motor, menyeimbangkan, untuk mencoba masuk ke tikungan lebih cepat. Cobalah gaya balap saya, sesuaikan sebanyak mungkin dengan gaya MotoGP modern dengan ban ini, tetapi kami juga perlu menyesuaikan motor. Jadi saya butuh sesuatu yang berbeda. "

"Tapi, sekarang lebih baik dari minggu lalu, dan sekarang kita harus melanjutkan seperti ini." Kata Rossi.

Hal yang sama dikatakan oleh pembalap veteran dari Italia, Andrea Dovizioso. Dia dan Ducati GP20 mengalami kesulitan bekerja sama dengan ban belakang Michelin, membuatnya hanya berada di peringkat 14 di grid.

"Situasinya berbeda dari tahun lalu, (khususnya) dengan ban. Bagnaia [ke-3] dan Miller [ke-7] dapat membuat waktu putaran yang sangat baik ketika mereka memasukkan ban baru … karena mereka mengendarai dengan cara yang berbeda dan dapat mengelola karakteristik dengan cara yang berbeda, "kata Dovizioso.

"Saya mencoba belajar memahami apa yang bisa kita lakukan. Setiap pengemudi memiliki gaya yang berbeda sehingga Anda harus menemukan cara terbaik untuk melaju cepat, karena itulah cara terbaik untuk menjadi kuat dalam balap," dia menjelaskan.

Lihat video "Vinales Tercepat di Latihan Gratis I MotoGP Andalusia 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / lua)