Jakarta –

Musim 2020 merupakan karir ke-21 Valentino Rossi di kelas tertinggi MotoGP. Duduk di sadel setiap tahun, pembalap berusia 41 tahun ini merasakan langsung perbedaan motor MotoGP dari era 1990-an hingga sekarang. Lalu periode mana yang paling indah buat kamu, Rossi?

Periode 21 tahun bukanlah waktu yang singkat, Valentino Rossi merasa MotoGP 2020 adalah musim paling sengit sepanjang karirnya di balapan Gran Prix. Bahkan, Rossi menyebut orang akan melupakan betapa sengitnya persaingan GP 500 2 tak.

“Banyak orang yang suka nostalgia 2 tak, tapi saya tidak termasuk. Menurut saya ini musim terindah di MotoGP, begitu juga motor yang kita kendarai,” kata Rossi seperti dikutip dari Speedweek, Selasa. (6/10/2020).

"Tapi sepertinya saya lebih suka tahun 1990-an atau 2000-an, karena saat itu saya menang berkali-kali!" lelucon pengendara 41 tahun ini.

Rossi mengatakan jarak antara pebalap pabrikan dan satelit kini semakin tipis. Peta persaingan semakin terbuka lebar, dari segi teknis terdapat keseragaman perangkat elektronik.

“Kami harus memahami mengapa sekarang jarak antara pebalap begitu dekat. Ini bisa jadi karena hal teknis, karena kami memiliki sistem elektronik dan ban yang sama. Dulu pebalap pabrikan, lima besar, punya beberapa keunggulan. Tapi bisa juga begini (MotoGP 2020).) Karena pebalap lebih profesional dan lebih siap. Karena menurut saya ini juga sangat berbeda dengan 15 tahun lalu, ”terang Rossi.

Valentino Rossi mungkin belum bisa mewujudkan mimpinya merebut gelar juara dunia ke-10. Sekarang dia berusia 41 tahun, pensiun lebih dekat dengannya daripada menjadi juara dunia.

Rossi akan menjadi rekan setim Morbidelli pada 2021. The Doctor dipastikan bergabung dengan tim satelit Yamaha setelah menandatangani kontrak selama setahun

Tonton Video "Insiden Rossi di MotoGP 2020: Motor Mogok ke Sisi Bawah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)