Jakarta –

Astra Honda Motor (AHM) menjawab masalah new Vario 150 di Thailand yang kabarnya akan mendapatkan mesin yang lebih besar dan bertenaga. Menurut AHM, ada kemungkinan Honda membuat spesifikasi mesin lebih bertenaga dibanding merek pesaing.

"Mungkin bisa (pakai spesifikasi seperti itu)," kata General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin melalui pesan singkat kepada detikOto, Rabu (16/9/2020).

Meski hal tersebut mungkin saja terjadi, Muhib tidak menjelaskan lebih detail terkait perkembangan Honda Vario 150 di Indonesia.

“Kami belum ada rencana ke sana,” lanjutnya.

Buat yang belum tau, Honda Vario 150 pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2015. Honda Vario 150 cc diklaim sebagai skutik pertama berkapasitas 150 cc yang diproduksi di Indonesia.

Honda Vario 150 juga menjadi salah satu tulang punggung penjualan AHM di Indonesia. Di kelas yang sama, Vario 150 bertarung dengan Yamaha Aerox 155. Jika melihat usianya yang masih 5 tahun, wajar jika Honda akan melakukan facelift besar-besaran (ubahan besar) pada skutik ini.

Seperti dikutip dari Greatbiker, Honda siap melakukan ubahan besar pada Vario 150 agar bisa bersaing dengan spesifikasi rival utamanya, Yamaha Aerox 155. Vario 150 yang sebelumnya dirasa kalah dengan mesin 150 cc 2 katup ini bakal ditingkatkan dengan mesin 157 cc 4 katup.

Honda Vario 150 yang dijual di tanah Gajah Putih dengan nama Honda Click-i ini kabarnya akan mendapatkan mesin baru yang lebih bertenaga dari varian sebelumnya.

Mengikuti jejak All New SH150i dan All New Forza 350 yang telah dirilis di Eropa, Vario 150 baru juga akan menampilkan mesin baru bernama eSP + (Enhanced Smart Power Plus).

Mesin yang memiliki kode produk K59 ini diyakini berkapasitas lebih besar yakni 157cc. Sementara jumlah klep bertambah dari 2 menjadi 4. Dengan spek dan tenaga lebih besar, mesin ini dikatakan tetap irit bahan bakar.

Sedangkan dari segi desain eksterior belum ada informasi pasti. Namun, Vario 150 terbaru diharapkan mengusung desain kekinian yang cukup sporty dan diterima pasar. Sistem Kontrol Traksi HSTC juga diharapkan dapat dipasang pada Yamaha Nmax baru, yang telah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Yamaha dikabarkan akan meluncurkan All New Aerox 155 pada akhir tahun 2020 ini, sehingga momen tersebut akan sangat tepat jika Honda juga merilis New Vario 150 tahun ini.

Tonton Video "Bantu Kurangi Polusi, Grab Luncurkan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)