Produsen mobil Vietnam Vinfast akan melakukan ekspansi internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Produsen mobil Vietnam Vinfast mengatakan pada Rabu (9/9) pihaknya telah membeli pusat pengujian mobil GM Holden Lang Lang Testing Center di Australia. Membeli lokasi tes di luar negeri merupakan upaya Vinfast untuk melakukan ekspansi internasional.

Vinfast, salah satu unit konglomerat terbesar Vietnam Vingroup JSC, tidak mengumumkan harga yang mereka keluarkan untuk membeli situs tersebut.

Pembelian lahan seluas 872 hektar ini merupakan strategi lanjutan perseroan setelah Vinfast membuka pusat penelitian dan pengembangan di Melbourne pada Juni lalu.

Pusat Litbang di Melbourne menampung 100 pekerja yang bekerja mengembangkan mobil bensin dan listrik. Mobil listrik itu akan menggunakan baterai besutan LG Chem Korea Selatan.

Perusahaan juga menyatakan akan memproduksi mobil listrik di Vietnam tahun depan, kemudian menjajaki pasar ekspor ke Amerika Serikat.

Vinfast menjual 5.124 unit mobil pada kuartal pertama tahun ini di Vietnam. Pangsa pasar Vinfast menempati urutan kelima di dalam negeri setelah Mitsubishi, Toyota, Mazda dan Ford.

sumber: antara