Mobil listrik SUV Volkswagen siap diluncurkan pada tahun 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masa depan mobil listrik semakin dekat. Mengingat, sebagian besar merek mulai menyiapkan sejumlah produk yang dapat diandalkan. Volkswagen (VW) juga telah memperkenalkan berbagai mobil listrik melalui mobil konsep dengan nama ID Series.

Dilansir dari Electrive, Rabu (29/4), VW dikabarkan sudah siap membawa mobil konsep ke lini produksi. Rencananya, kendaraan listrik (EV) yang akan segera dihadirkan oleh VW adalah mobil dalam format sport utility vehicle (SUV).

Ini sepertinya langkah yang cukup cemerlang. Mengingat, selera pasar saat ini memang sangat tinggi untuk SUV. Kemungkinannya, EV 7 tempat duduk akan menggunakan nama ID.6 dan siap diluncurkan pada 2021.

VW mengkonfirmasi pada November 2019 bahwa fase pertama kehadiran mobil akan dimulai dengan proses produksi di Anting, Cina. Fasilitas produksi di Anting adalah fasilitas yang bekerja sama dengan SAIC dan memang disajikan sebagai pabrik untuk membuat mobil listrik.

Rencananya, proses produksi EV dari VW akan dimulai pada Oktober 2020. Dari sisi lay out, ID.6 akan memiliki lay out seperti VW Touareg. Artinya, ID.6 akan menawarkan akomodasi yang cukup gratis dan hadir sebagai mobil keluarga.

Kemungkinan besar, mobil ini hanya ditawarkan dalam format penggerak empat roda. Tentang powertrain, ID.6 diperkirakan didukung oleh motor listrik bertenaga hingga 300 kWh dan baterai 77 kWh dan 111 kWh.

Dengan kemampuan ini, ID.6 akan memiliki jangkauan sekitar 450 kilometer hingga 600 kilometer. Seperti halnya VW Touareg, maka mobil ini dihadirkan untuk siap diajak menjelajah ke luar kota dengan bagasi yang lapang.

Saat ini, VW sendiri telah memasarkan mobil listrik kompak dengan nama ID.3. Setelah ID.6 hadir, komunitas akan memiliki opsi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, VW juga akan melengkapi keluarga ID dengan berbagai format lain mulai dari hatchback hingga crossover.