Prototipe menghasilkan pengisian DC cepat dengan kecepatan hingga 100 kilowatt.

REPUBLIKA.CO.ID, WOLFSBURG – Volkswagen membayangkan masa depan di mana kota-kota diwarnai dengan stasiun pengisian daya ponsel, seperti Powerbank, yang membuat mobil listrik diisi ulang dengan cepat, dan nyaman. Perusahaan Jerman melihat stasiun pengisian daya ponsel, sebagai bagian yang berguna dari teknologi yang menambahkan tingkat fleksibilitas penting ke infrastruktur pengisian daya.

Dilansir dari laman Digital Trends, Selasa (1/1), stasiun pengisian daya ponsel berfungsi seperti pengisi daya portabel yang digunakan jutaan orang setiap hari untuk menjaga ponsel cerdas mereka tetap beroperasi. Volkswagen menjelaskan prototipe memproduksi pengisian daya DC cepat dengan kecepatan hingga 100 kilowatt, dan dapat mengisi hingga empat mobil secara bersamaan.

Stasiun ini memiliki kapasitas 360 kilowatt-jam, dalam hal yang lebih sederhana. Ini menghemat listrik yang cukup untuk mengisi daya hingga 15 kendaraan listrik, meskipun juga dapat mengisi daya sepeda listrik jika diperlukan.

Ketika listrik padam, itu harus dicolokkan ke jaringan listrik seperti perangkat bertenaga baterai lainnya. Volkswagen belum merilis waktu pengisian daya. Ini mencatat bahwa stasiun dapat dikonfigurasi untuk mengekstrak energi yang dihasilkan oleh angin atau matahari.

Membuat stasiun pengisian daya ponsel yang tidak perlu terhubung ke jaringan listrik memiliki beberapa keunggulan. Pertama, dan yang paling jelas, ini memungkinkan pemilik mobil listrik untuk mendapatkan isi ulang meskipun mereka 100 mil dari outlet terdekat.

Di tingkat sekunder, stasiun pengisian daya seluler juga dapat membantu perencana kota menentukan lokasi terbaik untuk memasang stasiun permanen. Mereka dapat memindahkan stasiun pengisian Volkswagen untuk mengumpulkan data tentang di mana mereka paling sering digunakan.

Stasiun pengisian daya ponsel pertama akan muncul pada awal 2019 di kampung halaman Volkswagen di Wolfsburg, Jerman. Mereka akan ditunjuk sebagai bagian dari program percontohan di daerah perkotaan kota. Volkswagen akan memperluas program ke kota-kota dan komunitas lain pada tahun 2020.