Mobil listrik kedua VW siap diluncurkan pada September 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, ZWICKAU – Volkswagen (VW) merupakan salah satu pabrikan Eropa yang agresif dalam menyambut era mobil listrik. Komitmen ini diwujudkan dalam lini produk yang disebut ID.

Setelah resmi menghadirkan ID.3, kini pabrikan Jerman tersebut siap menghadirkan kendaraan listrik (EV) kedua. Dilansir dari Electrive, Minggu (23/8), EV kedua yang akan segera dihadirkan adalah ID. 4.

Kehadiran ID.4 dikonfirmasi oleh VW melalui dimulainya proses produksi EV di Zwickau, Jerman. Rencananya produk tersebut siap diluncurkan pada September 2020.

Dengan hadirnya ID.4, tampaknya VW ingin segera menghadirkan varian yang lebih luas di pasar EV. Diketahui, ID.3 merupakan EV berupa hatchback sedangkan ID.4 merupakan EV berupa crossover.

Meski kedua produk ini dibangun di atas platform yang sama, ID.4 hadir dengan ground clearance yang lebih tinggi dan dimensi yang sedikit lebih besar. Meski demikian, pihak VW mengklaim bahwa ID.4 tetap hadir dalam desain yang aerodinamis sehingga dapat menunjang efisiensi sebuah mobil listrik.

CEO Volkswagen, Ralf Brandstätter mengatakan, desain aerodinamis juga otomatis mendukung daya jelajah yang mumpuni. “Mobil ini mampu menempuh jarak jelajah hingga 500 kilometer,” kata Ralf Brandstätter.

Artinya, jangkauan roaming ID.4 berbeda dengan ID.3 yang bisa mencapai 550 kilometer. Namun hal tersebut dirasa cukup beralasan mengingat ID.4 hadir dengan perbedaan desain dan bobot dari kedua produk tersebut.

Setelah produk ini diperkenalkan, maka VW akan memboyongnya ke pasar global. Untuk mendukung hal tersebut, EV ini juga akan diproduksi di China dan Amerika.